Kompas TV entertainment seni budaya

Sejarah Pura Mangkunegaran yang Berusia 265 Tahun, Lokasi Pernikahan Kaesang dan Erina di Solo

Kompas.tv - 29 November 2022, 06:47 WIB
sejarah-pura-mangkunegaran-yang-berusia-265-tahun-lokasi-pernikahan-kaesang-dan-erina-di-solo
Pura Mangkunegaran di Solo, Jawa Tengah yang akan menjadi lokasi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022) (Sumber: puromangkunegaran.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

SOLO, KOMPAS.TV - Pura Mangkunegaran rencananya menjadi salah satu lokasi prosesi pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dengan calon istrinya, Erina Sofia Gudono,  pada 11 Desember 2022 mendatang.

Di Pura Mangkunegaran nantinya akan diadakan pesta rakyat atau gala dinner setelah Kaesang dan Erina menjalani prosesi "ngunduh mantu" di Loji Gandrung.

Bak pangeran dan ratu, perjalanan rombongan pengantin dan keluarga dari Loji Gandrung ke Pura Mangkunegaran akan menggunakan kereta kencana.

Kakak Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X, GRAj Ancillasura Marina Sudjiwo alias Gusti Sura,  mengatakan tak ada prosesi adat di acara Kaesang dan Erina di Pura Mangkunegaran.

Baca Juga: Alasan Pesta Nikah Kaesang dan Erina di Puro Mangkunegaran, Erick Thohir: Mempromosikan Sejarah

"Di Loji Gandrung (upacara adat), seperti yang disampaikan oleh Pak Erick (Menteri BUMN). Di sini memang tasyakuran hampir mirip seperti gala dinner tidak ada adat sama sekali disini," kata Gusti Sura, Senin (28/11/2022), dikutip dari Kompas.com.

Sejarah Pura Mangkunegaran

Melansir kemdikbud, Selasa (29/11/2022), Pura Mangkunegaran dibangun pada tahun 1757 oleh Raden Mas Said atau yang dikenal dengan Pangeran Samber Nyawa.

Pura Mangkunegaran terletak dijalan Ranggawarsita, Dusun Keraton, Desa Keraton Kecamatan Keraton, Kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah.

Pura ini dibangun setelah Akad Salatiga yang mengawali pendirian Praja Mangkunegaran pada tanggal 13 Maret 1757. 

Dua tahun sebelumnya, Akad Giyanti membagi pemerintahan Jawa menjadi Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta oleh VOC (Kompeni) pada tahun 1755. 

Kerajaan Surakarta terpisah setelah Pangeran Raden Mas Said terus memberontak pada VOC (Kompeni) dan atas dukungan sunan mendirikan kerajaan sendiri tahun 1757. 

Ketika naik tahta Raden Mas Said sebagai Mangkunera I dan mendirikan wilayah kekuasaannya di sebelah barat tepian Sungai Pepe (Kali Pepe) di pusat kota yang sekarang bernama Solo.

Baca Juga: Kaesang-Erina jadi yang Pertama Gunakan Puro Mangkunegaran untuk Pesta Nikah, Tak Ada Prosesi Adat



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x