Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

5 Cara Cegah Sakit Gigi, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Mulut

Jumat, 2 Desember 2022 | 07:05 WIB
5-cara-cegah-sakit-gigi-salah-satunya-menjaga-kesehatan-mulut
Foto ilustrasi gosok gigi tanpa berkumur. Mencegah sakit gigi, tak cukup jika cuma menjaga kebersihan mulut. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Mencegah sakit gigi, tak cukup jika cuma menjaga kebersihan mulut.

Sakit gigi merupakan salah satu keluhan umum yang cukup banyak dialami orang dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa sampai lansia.

Nyeri yang terasa pada gigi itu biasanya dapat dirasakan dalam hitungan hari bahkan sampai minggu.

Selain melakukan pengobatan yang tepat, kita juga perlu mengetahui cara mencegah sakit gigi agar nyeri yang dirasakan tidak mengganggu produktivitas sehari-hari.

Memperhatikan kebersihan mulut setiap hari dengan rutin menggosok gigi rupanya tidak cukup untuk mencegah sakit gigi.

Setidaknya ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan. Disarikan dari Tribun News dan Kompas.com, berikut ini cara paling efektif untuk mencegah sakit gigi.

5 cara efektif mencegah sakit gigi:

1. Menjaga kebersihan mulut

Bagian terpenting dari mencegah sakit gigi adalah menjaga kesehatan gigi dan mulut. Hal itu berarti kita harus memerhatikan rutinitas yang dilakukan setiap hari untuk memastikan kebersihan mulut bisa terjaga dengan baik.

Seperti menyikat gigi dua kali sehari selama dua menit, mengunjungi dokter gigi setiap enam bulan hingga menggunakan dental floss untuk membersihkan gigi secara optimal sampai ke sela-sela gigi.

2. Memilih produk perawatan gigi yang tepat

Berbicara soal rutinitas perawatan gigi di rumah, memilih produk yang tepat juga tak kalah penting. Misalnya gigi kita tergolong sebagai gigi sensitif. Maka untuk sikat gigi hingga pasta gigi yang kita gunakan sebaiknya yang khusus untuk gigi sensitif.

Menggunakan produk perawatan gigi yang tidak tepat bisa saja membuat gigi semakin aus atau bahkan produk tersebut bisa mengikis enamel gigi secara perlahan.

Untuk itu, pastikan produk yang digunakan sehari-hari sesuai dengan kondisi gigi kita dan aman digunakan. 

Baca Juga: Ada Orang Sikat Gigi Tanpa Kumur, Ternyata Lebih Efektif Asalkan...

3. Hindari menggunakan gigi untuk membuka kemasan

Gigi yang kita miliki kemungkinan tidak sekuat apa yang kita kira. Oleh karena itu, perhatikan lagi setiap kebiasaan yang sering dilakukan, terutama saat membuka kemasan apapun menggunakan gigi.

Misalnya dalam kondisi kita terlalu sering membuka kemasan dengan menggunakan gigi. Jika kemasannya terlalu licin atau keras, kemungkinan gigi kita bisa mengalami cedera.

Cedera ini juga merupakan penyebab sakit gigi yang perlu ditangani oleh dokter.


 

4. Sesuaikan pola makan

Gigi dan gusi merupakan bagian dari organ tubuh yang juga membutuhkan vitamin dan mineral agar menjaganya tetap sehat. Pola makan juga merupakan salah satu faktor penting dalam mencegah sakit gigi dan menjaga kesehatan mulut.

Misalnya kita dapat mengonsumsi makanan yang mengandung protein tanpa lemak, biji-bijian, susu, buah dan sayuran, maka berbagai makanan itu sudah cukup menjaga kesehatan gigi.

Menghindari terlalu sering mengonsumsi makanan manis, asam atau terlalu panas dan dingin juga dapat menjadi salah satu cara mencegah sakit gigi yang cukup efektif.  

5. Lakukan perawatan secara berkala

Perawatan gigi tak cuma dilakukan dengan memeriksakan ke dokter setiap enam bulan.

Melakukan tambal pada gigi yang berlubang juga termasuk sebagai bagian dari perawatan. Pasalnya, jika kita terus menggunakan gigi yang berlubang itu, lambat laun mahkota gigi bisa rusak dan menyebabkan sakit gigi.

Kemudian rutin melakukan pembersihan karang gigi juga dapat membantu mencegah munculnya sakit gigi akibat penumpukkan bakteri yang tertinggal di sela gigi.

Baca Juga: Kenali Anodontia, Jenis Kelainan yang Menyebabkan Gigi Tak Bisa Tumbuh hingga Dewasa


Sumber : Kompas.com, Tribun News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x