Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Buruknya Kesehatan Mulut Bisa Sebabkan 5 Penyakit Berbahaya, Jantung hingga Ginjal

Selasa, 29 November 2022 | 05:24 WIB
buruknya-kesehatan-mulut-bisa-sebabkan-5-penyakit-berbahaya-jantung-hingga-ginjal
Ilustrasi pembersihan karang gigi atau scaling. (Sumber: Kompas.com )
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Kesehatan mulut yang buruk dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit kronis.

Pasalnya ada beberapa penyebab kesehatan mulut yang buruk, antara lain pola makan yang buruk, terutama yang tinggi gula, merokok, vaping, konsumsi alkohol berlebihan, genetik atau keturunan, stres, malas menggosok gigi dan berkumur.

Seseorang dengan kondisi kesehatan mulut yang buruk berisiko mengalami masalah berikut penyakit gusi akibat infeksi bakteri, penyakit periodontal atau infeksi gusi yang menyebabkan gusi meradang dan keropos tulang di sekitar gigi.

Kemudian kerusakan gigi seperto gigi berlubang, keropos.

Dikutip dari beberapa sumber, selain mengakibatkan masalah mulut dan gigi, kebersihan mulut yang buruk juga memicu penyakit kronis , yaitu.

1. Penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular mengacu pada sekelompok gangguan yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah.

Beberapa penyakit kardiovaskular yang muncul akibat kesehatan mulut yang buruk, antara lain:

Aterosklerosis. Orang yang memiliki masalah gigi dan mulut (periodontal) memiliki tingkat aterosklerosis yang lebih tinggi. Pasalnya, plak atau bakteri dari gigi dan gusi dapat masuk ke aliran darah dan menyebabkan arteri menumpuk dan mengeras.

Stroke. Sementara aterosklerosis dan kerusakan arteri juga meningkatkan risiko seseorang mengalami serangan stroke.

Endokarditis. Ini merupakan peradangan pada lapisan katup jantung. Endokarditis disebabkan oleh infeksi bakteri yang dapat Anda alami saat prosedur cabut gigi. Endokarditis dapat membahayakan jiwa apabila Anda memiliki masalah jantung lainnya.

Baca Juga: Tak Hanya sebagai Obat Pelangsing Alami, Ini Manfaat Daun Kelor Lainnya, Apa Saja?

2. Komplikasi kehamilan dan persalinan

Wanita hamil harus menjaga kesehatannya dengan lebih ekstra. Kesehatan mulut dan gigi pun pantang diabaikan karena kebanyakan bumil cenderung menggemari makanan manis. Selain itu, perubahan hormonal dalam tubuh selama kehamilan dapat menyebabkan wanita lebih mudah mengalami infeksi mulut.

Kesehatan mulut yang buruk pada ibu hamil, dapat menyebabkan komplikasi kehamilan dan persalinan berikut: menghambat pertumbuhan janin diabetes gestasional berat badan lahir rendah keguguran lahir mati preeklampsia

3. Pneumonia

Gigi berlubang kerap dikaitkan sebagai pemicu pneumonia, infeksi paru-paru yang disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Hal ini karena bakteri di dalam mulut dari gigi yang terinfeksi atau berlubang dan gusi yang membengkak dapat dihirup ke paru-paru atau melalui aliran darah.

Selain pneumonia, kebersihan mulut yang buruk juga mengakibatkan: infeksi saluran pernapasan bronkitis akut penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)

4. Kanker

Dilansir dari Healthline, praktek kesehatan mulut yang buruk seperti merokok dapat menyebabkan kanker mulut dan tenggorokan yang mengancam jiwa.

5. Penyakit ginjal

Infeksi tubuh seperti penyakit periodontal dapat memicu seseorang mengalami penyakit ginjal. Orang dengan penyakit gusi umumnya memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah sehingga mudah mengalami infeksi.

Baca Juga: Manfaat Rebusan Kunyit, Lengkuas dan Jeruk Nipis, Bikin Tak Mudah Flu di Musim Hujan


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x