Kompas TV entertainment selebriti

Perlengkapan Salat dan Uang Rp300 Ribu Jadi Mas Kawin Kaesang-Erina

Selasa, 29 November 2022 | 05:35 WIB
perlengkapan-salat-dan-uang-rp300-ribu-jadi-mas-kawin-kaesang-erina
Kepala KUA Kapanewon Depok Muhammad Wiyono bertugas menjadi penghulu pada pernikahan Kaesang dan Erina. (Sumber: KompasTV/Michael Aryawan)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Kantor Urusan Agama (KUA) Depok, Sleman, Yogyakarta, telah menerima seluruh berkas pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Keduanya akan menikah pada hari Sabtu, 10 Desember 2022, di Pendopo Royal Ambarukmo. Adapun mas kawin pada acara pernikahan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu berupa perlengkapan salat beserta uang tunai Rp300 ribu.

Kepala KUA Kapanewon Depok Muhammad Wiyono mengungkap, dirinya bertugas menjadi penghulu pada pernikahan Kaesang dan Erina. Sementara, Menteri Sekretaris Negara Pratikno akan menjadi saksi dari pihak mempelai wanita. Sedangkan saksi mempelai pria dipercayakan kepada Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

"Untuk saksi dari pihak perempuan itu adalah Bapak Pratikno, dari pihak laki-laki Bapak Basuki Hadimuljono," kata Wiyono saat ditemui awak media di kantornya, Senin (28/11/2022).

Baca Juga: Kaesang dan Erina Gudono Menikah, Mensesneg Pratikno dan Menteri PUPR Basuki Jadi Saksi

Prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono akan diawali pada hari Kamis, 8 Desember 2022, dengan kegiatan semaan Al-Quran di rumah mempelai wanita.

Di hari berikutnya, Jumat 9 Desember 2022, prosesi dilanjutkan dengan adat jawa, berupa siraman dan malam midodareni. Sementara akad nikah akan dilakukan pada hari Sabtu, 10 Desember 2022.

Dari Sleman, rangkaian pernikahan Kaesang dan Erina berlanjut di Solo pada hari Minggu, 11 Desember 2022, dengan acara resepsi dan ngunduh mantu yang akan digelar di Puro Mangkunegaran.

Kantor Urusan Agama (KUA) Depok, Sleman, Yogyakarta, telah menerima seluruh berkas pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Sumber: KompasTV/Michael Aryawan)

Baca Juga: Sederet Fakta Pernikahan Kaesang dan Erina: Tanggal, Lokasi, Rangkaian Acara hingga Upacara Adat

Kaesang-Erina yang Pertama Gunakan Puro Mangkunegaran untuk Pesta Nikah

Kaesang Pangarep dan calon istrinya, Erina Gudono menjadi pasangan yang pertama kali menggunakan Puro Mangkunegaran untuk lokasi pesta pernikahan.

Hal itu disampaikan oleh Kakak Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X GRAj Ancillasura Marina Sudjiwo.

Usai digunakan Kaesang dan Erina, tidak menutup kemungkinan masyarakat umum nantinya juga bisa menggunakan Puro Mangkunegaran untuk suatu acara.

"Iya pertama, tapi beliau Putra Presiden. (Pengguna ke depan untuk masyarakat umum) bisa dibicara nanti, ada prosedurnya juga," ujar Gusti Sura pada Minggu (27/11/2022), usai gladi kotor pernikahan Kaesang dan Erina, dikutip dari Kompas.com.

Selain itu, Gusti Sura juga mengatakan dalam pernikahan Kaesang dan Erina nantinya tidak ada upacara adat di Puro Mangkunegaran.

Pendopo Puro Mangkunegaran hanya akan digunakan untuk menjamu para tamu dengan konsep seperti gala dinner(Michael Aryawan)


 


Sumber : Kompas TV/Kompas.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x