Kompas TV video sinau

Mengapa Lubang Pengisian Bahan Bakar Mobil Ada yang di Kiri Ada yang di Kanan?

Selasa, 29 November 2022 | 00:11 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Apakah ada aturan khusus dari setiap pabrikan mengenai posisi lubang pengisian Bahan Bakar Minyak atau BBM tersebut?

Mengutip dari Gridoto.com, ternyata tidak ada aturan khusus mengenai posisi lubang pengisian BBM, tergantung pada kebiasaan pabrikannya saja.

Bahkan posisi tangki lubang pengisian BBM ini menjadi ciri khas tiap pabrikan mobil.

Selain itu posisi lubang pengisian BBM ini juga dipengaruhi oleh faktor rancang bangun kendaraan , hasil tes tabrakan, berat dan biaya.

Biasanya mobil setir kanan posisi lubang pengisian bbm ada di kiri, sebaliknya mobil setir kiri lubang pengisiannya di sebelah kanan.

Pertimbangan lainnya adalah untuk keselamatan saat darurat dan berhenti di pinggir jalan, misalnya saat BBM habis.

Ketika mogok pengemudi akan lebih aman saat mengisi BBM dengan jeriken karena ada mobil yang memisahkan dengan arus lalu lintas.

Alasan lainnya adalah untuk keselamatan, posisi tutup tangki umumnya berlawanan dengan posisi kenalpot untuk menghindari hawa panas

Kendati demikian, melansir dari Kompas.com posisi tangki BBM tetap berada di tengah mobil, entah mulut tangki ada di kiri atau di kanan.

Baca Juga: Indonesia Masuki Puncak Musim Hujan, Waspadai 4 Tanda Wiper Mobil Rusak!

Editor Video & Grafis: Joshua Victor


Sumber : Diolah dari berbagai sumber

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x