Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Jika Menemukan Ular di Rumah atau Pekarangan

Selasa, 29 November 2022 | 05:05 WIB
hal-yang-boleh-dan-tidak-boleh-dilakukan-jika-menemukan-ular-di-rumah-atau-pekarangan
Ilustrasi ular. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan jika menemukan keberadaan ular di sekitar rumah atau pekarangan. (Sumber: pixabay.com)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Saat musim hujan seperti saat ini, tidak jarang orang menemukan ular bersembunyi di sekitar rumah atau pekarangan. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan jika menemukan keberadaan ular.

Salah satu masalah atas keberadaan ular di rumah adalah, pada umumnya kita tidak tahu bahwa binatang melata itu ada di rumah, karena ular cenderung bersembunyi dari pandangan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memiliki pedoman tentang hal yang harus dilakukan ketika melihat ular di rumah. Salah satunya adalah jangan panik.

Menemukan ular di rumah, bahkan jika itu hanya seekor pun, bisa berbahaya.

Mengutip Best Life, 27 Oktober 2022, CDC menyarankan pemilik rumah untuk waspada bahwa ular mungkin mencari perlindungan di rumah mereka, terutama dalam situasi tertentu.

Tapi apa yang harus dilakukan untuk mencegah gigitan jika bertemu dengan ular?

Baca Juga: Awas! Ini 3 Tempat yang Bisa Jadi Persembunyian Ular di Dalam Rumah

"Jika Anda melihat ular, mundur perlahan dan jangan menyentuhnya," kata CDC.

Menurut CDC tersebut, rata-rata orang Amerika tidak boleh mencoba berurusan dengan ular sendiri, meskipun ular itu ada di rumah mereka.

Menangkap atau menangani ular tanpa keahlian dapat menyebabkan seseorang tergigit. CDC menyarankan pemilik rumah untuk menghubungi agen pengontrol hewan di daerah mereka.

AH David, pakar ular dan pendiri PestControlWeekly.com, menjelaskan pada Best Life bahwa beberapa ular dapat bereaksi dalam hitungan detik.

Hal itu menyebabkan orang tidak memiliki kesempatan untuk melarikan diri dari gigitan ular jika mereka tidak segera mundur.

Menurut David, yang terbaik adalah mencoba dan menjaga jarak setidaknya 5 hingga 6 kaki dari ular mana pun.

"Beberapa ular sangat agresif ketika mereka melihat gerakan apa pun ke arah mereka, mereka merasa dalam bahaya dan mereka dengan cepat merespons dalam bentuk serangan terhadap Anda," jelasnya.

"Jadi sangat disarankan mundurkan kakimu perlahan dari ular dengan sangat hati-hati."

Baca Juga: Petugas Damkar Tangkap Ular Sanca Samping Rujab Bupati

Menurut Charles van Rees, PhD, seorang ilmuwan konservasi dan pendiri blog Gulo in Nature, petugas satwa liar mungkin dapat membantu mengidentifikasi, apakah ular yang ditemukan berbisa atau tidak.

Jika ular itu berbisa, mereka akan mengirim seseorang untuk menangkapnya.

Anda juga harus memastikan waktu dan tempat terakhir melihat ular di rumah, jika kehilangan pandangan saat menunggu pihak yang akan datang untuk menangkapnya.

"Laporkan info itu kepada profesional saat mereka tiba," saran van Rees.

"Yang terbaik adalah tidak menangkap ular dan mengambil risiko bertemu dalam jarak dekat kecuali Anda benar-benar yakin itu adalah spesies yang tidak berbisa."

Sedangkan, untuk ular yang tidak berbisa, petugas mungkin akan memberi arahan khusus untuk mengusirnya sendiri.

Meski demikian, disarankan untuk tidak mendekati ular tersebut. Van Rees mengatakan bahwa cara terbaik adalah memberikan opsi jalan keluar untuk ular tersebut.

"Pintu atau jendela terdekat harus tetap terbuka jika memungkinkan," katanya.

"Saya tidak akan merekomendasikan mencoba menghalangi ular atau memblokirnya agar tidak bergerak, ini tidak hanya berarti mendekati ular, tetapi banyak ular mahir melewati ruang kecil, jadi sulit untuk benar-benar membuat penghalang yang mereka tidak bisa lewat."


Sumber : bestlife

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x