Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Jika Menemukan Ular di Rumah atau Pekarangan

Kompas.tv - 29 November 2022, 05:05 WIB
hal-yang-boleh-dan-tidak-boleh-dilakukan-jika-menemukan-ular-di-rumah-atau-pekarangan
Ilustrasi ular. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan jika menemukan keberadaan ular di sekitar rumah atau pekarangan. (Sumber: pixabay.com)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Saat musim hujan seperti saat ini, tidak jarang orang menemukan ular bersembunyi di sekitar rumah atau pekarangan. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan jika menemukan keberadaan ular.

Salah satu masalah atas keberadaan ular di rumah adalah, pada umumnya kita tidak tahu bahwa binatang melata itu ada di rumah, karena ular cenderung bersembunyi dari pandangan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memiliki pedoman tentang hal yang harus dilakukan ketika melihat ular di rumah. Salah satunya adalah jangan panik.

Menemukan ular di rumah, bahkan jika itu hanya seekor pun, bisa berbahaya.

Mengutip Best Life, 27 Oktober 2022, CDC menyarankan pemilik rumah untuk waspada bahwa ular mungkin mencari perlindungan di rumah mereka, terutama dalam situasi tertentu.

Tapi apa yang harus dilakukan untuk mencegah gigitan jika bertemu dengan ular?

Baca Juga: Awas! Ini 3 Tempat yang Bisa Jadi Persembunyian Ular di Dalam Rumah

"Jika Anda melihat ular, mundur perlahan dan jangan menyentuhnya," kata CDC.

Menurut CDC tersebut, rata-rata orang Amerika tidak boleh mencoba berurusan dengan ular sendiri, meskipun ular itu ada di rumah mereka.

Menangkap atau menangani ular tanpa keahlian dapat menyebabkan seseorang tergigit. CDC menyarankan pemilik rumah untuk menghubungi agen pengontrol hewan di daerah mereka.

AH David, pakar ular dan pendiri PestControlWeekly.com, menjelaskan pada Best Life bahwa beberapa ular dapat bereaksi dalam hitungan detik.

Hal itu menyebabkan orang tidak memiliki kesempatan untuk melarikan diri dari gigitan ular jika mereka tidak segera mundur.



Sumber : bestlife

BERITA LAINNYA



Close Ads x