Kompas TV nasional sosial

Wuih, Pemerintah Berencana Bagi-Bagi Rice Cooker Gratis, Ini Syarat Penerimanya!

Selasa, 29 November 2022 | 05:15 WIB
wuih-pemerintah-berencana-bagi-bagi-rice-cooker-gratis-ini-syarat-penerimanya
Ilustrasi penggunaan rice cooker untuk menanak nasi. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam diskusi publik Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) secara virtual, Jumat (25/11/2022) kemarin, dijelaskan bahwa pemerintah berencana membagikan rice cooker atau penanak nasi gratis pada 2023 mendatang.

Penyaluran penanak nasi ini direncanakan minimal mencakup 680.000 unit yang terdistribusi bagi Kelompok Penerima Manfaat (KPM).

Sub Koordinator Perhubungan Komersial Tenaga Listrik Direktorat Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Edi Pratikno menjelaskan penyaluran ratusan ribu penanak nasi tersebut disesuaikan dengan data dari Kementerian Sosial.

Baca Juga: Kolaborasi dengan TNI AU, 10 Helikopter Basarnas Bagikan Logistik ke Area Terisolasi!

“Rencana minimal 680.000 unit penanak nasi yang disalurkan ke KPM tentunya dengan adanya data dari Kementerian Sosial,” bebernya dalam diskusi tersebut.

Pembagian ini dimaksudkan untuk mendukung pemanfaatan energi bersih dan meningkatkan konsumsi listrik dengan e-cooking. Biaya memasak dari penanak nasi disebut lebih hemat ketimbang memanfaatkan gas.

Pengadaan rice cooker listrik ini nantinya akan diadakan lewat perencanaan anggaran APBN Kementerian ESDM tahun anggaran 2023.

Baca Juga: Mudah Dipraktikkan, Ini 3 Cara Membuat Ketupat Gunakan Rice Cooker, Panci Presto, dan Panci Biasa

Berikut beberapa syarat penerima bantuan rice cooker yang rencananya akan dibagikan oleh pemerintah tahun depan.

Syarat Penerima Bantuan rice cooker 2023

Syarat penerima rice cooker gratis dari pemerintah ini merupakan masyarakat yang merupakan kelompok penerima manfaat (KPM).

  • Rumah tangga dengan daya listrik 450 VA dan 900 VA, berdasarkan survei PLN pelanggan 450 VA dan 900 VA mayoritas memakai LPG 3 kg.
  • Di luar daya 450 VA dan 900 VA validasi oleh kepala desa termasuk pengguna LPG 3 kg.
  • Sistem kelistrikan yang andal.

Baca Juga: 5 Tips Agar Nasi Tak Cepat Basi dalam Rice Cooker


 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x