Kompas TV regional berita daerah

Perempuan Dari 31 Negara Bersuara di Konggres Ulama Perempuan

Kompas.tv - 28 November 2022, 12:52 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

JEPARA, KOMPAS.TV - Ribuan perempuan dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti Konggres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) ke-2 yang diselenggarakan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dalam konggres ini juga dihadiri oleh perwakilan perempuan dari 31 negara sahabat.

Bertempat di Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara, Jawa Tengah, lebih dari 1.500 peserta dari 32 provinsi di Indonesia mengikuti Konggres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) ke-2 yang mengusung tema “Meneguhkan Peran Ulama Perempuan Untuk Peradaban Yang Berkeadilan”.

Dengan KUPI ke-2 ini diharapkan dapat memberikan banyak kontribusi terhadap pemerintah terutama terkait isu tentang perempuan. Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah yang turut hadir dalam KUPI tersebut berharap bisa menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang berpihak pada perempuan. “Forum konggres ini juga ada advokasi kebijakan karena DPR RI juga akan mengusung RUU tentang Pekerja Rumah Tangga. Saya kira sama berharap dengan RUU TPKS yang ada advokasi dari KUPI. Saya berharap RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga juga dapat masukan konstruktif dari KUPI,” harap Menaker.

Sementara itu Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Halim Iskandar menyampaikan bahwa keterlibatan perempuan tidak bisa dipisahkan dari pembangunan termasuk di Kementrian Desa. Peran perempuan sangat krusial, salah satunya adalah menurunkan angka stunting yang kuncinya ada pada perempuan. “Kita selalu bicara terwujudnya desa tanpa kemiskinan, tak mungkin bisa terwujud tanpa ada keterlibatan perempuan,” kata Halim.

Dalam konggres ini juga dihadiri oleh perwakilan perempuan dari 31 negara yang akan membahas lima isu penting terkait perlindungan terhadap perempuan dari mulai isu lingkungan hingga isu kekerasan terhadap perempuan.

#kupi #kupike-2 #jepara #ponpeshasyimasyari  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x