Kompas TV regional berita daerah

PT Agincourt Resources Sembuhkan 827 Mata Buta Katarak

Kompas.tv - 28 November 2022, 10:34 WIB
Penulis : KompasTV Medan

ADVERTORIAL - Sebanyak 827 mata buta katarak berhasil dioperasi dan disembuhkan lewat operasi yang dilaksanakan di Tapanuli Selatan dan Kota Medan, Sumatera Utara. Operasi ini berlangsung sepanjang September hingga November 2022. 

 

PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe, menutup bakti sosial operasi katarak gratis "Buka Mata Lihat Indahnya Dunia. Acara penutupan diadakan di Rumah Sakit (RS) Khusus Mata Mencirim 77, Medan, pada Kamis (24/11) yang dihadiri Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Presiden Direktur PT Agincourt Resources Muliady Sutio, Direktur & CFO PT Agincourt Resources Noviandri Hakim, dan Komisaris PT Agincourt Resources Linda Helena Darmalina.

 

Dalam sambutannya, Presiden Direktur PT Agincourt Resources Muliady Sutio menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam program mulia ini sehingga seluruh putaran operasi katarak gratis berjalan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat luas. Menurutnya, rangkaian operasi katarak gratis ini dapat terselenggara karena dukungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan, masyarakat sekitar area Tambang Emas Martabe, dan semua pemangku kepentingan di Tapanuli Selatan dan Sumatera Utara.

 

"Kami sampaikan apresiasi tertinggi kepada para pasien yang telah mengikuti operasi katarak gratis ini. Sebagian dari mereka adalah pencari nafkah keluarga, penopang hidup anak-anaknya, dan ada pula anak-anak yang masih bersekolah. Selamat kepada para pasien yang telah pulih, kembali produktif dan mandiri menjalani hidup," kata Muliady.

 

Ia menekankan bahwa rangkaian operasi katarak gratis yang diadakan PTAR setiap tahunnya ini merupakan bukti konkret dari komitmen perusahaan dalam mendukung kesehatan masyarakat, utamanya masyarakat pra-sejahtera. Dalam kerangka yang lebih luas, penyelenggaraan operasi katarak sejalan dengan poin ke-3 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/ SDG's), yakni menjamin kehidupan yang sehat dan mendorong kesejahteraan bagi semua orang di segala usia.

 

Senior Manager Corporate Communications PT Agincourt Resources, Katarina Siburian Hardono, menegaskan bahwa operasi katarak yang diadakan PTAR kepada warga pra-sejahtera penting dilakukan untuk menekan prevalensi buta akibat katarak yang cukup tinggi di Sumatera Utara.

 

"Kepedulian PTAR terbukti membawa perubahan langsung bagi kehidupan masyarakat yang hasilnya dapat dirasakan seumur hidup. Sejak 2011 hingga saat ini, operasi katarak yang digelar PTAR telah menyembuhkan 8.945 mata katarak. Khusus tahun ini saja, sebanyak 827 mata dioperasi, sekitar 75% diantaranya berasal dari Tapanuli Selatan,” ucap Katarina.   

 

Penerima manfaat yang menjalani operasi katarak pada tahun 2022 berasal dari berbagai kabupaten/kota, seperti Padangsidimpuan, Mandailing Natal, Kepulauan Nias, Kota Medan, Deli Serdang, dan Langkat. Sebanyak 20 pasien yang berdomisili di Tapanuli Selatan dengan kondisi khusus dibawa ke RS Mencirim 77 Medan untuk dioperasi.

 

Operasi katarak gratis "Buka Mata Lihat Indahnya Dunia" sudah diadakan PTAR sejak 2011. Tahun 2022 menjadi tahun ke-8 PTAR menggelar rangkaian operasi katarak gratis, tepatnya di RS Bhayangkara Batangtoru, Tapanuli Selatan, dengan jumlah mata yang dioperasi mencapai 525 mata, serta di RS Mencirim 77 Medan dengan jumlah mata dioperasi sebanyak 302 mata. (*)  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.