Kompas TV entertainment selebriti

Alasan Pesta Nikah Kaesang dan Erina di Puro Mangkunegaran, Erick Thohir: Mempromosikan Sejarah

Kompas.tv - 28 November 2022, 11:58 WIB
alasan-pesta-nikah-kaesang-dan-erina-di-puro-mangkunegaran-erick-thohir-mempromosikan-sejarah
Menteri BUMN Erick Thohir (Sumber: ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

SOLO, KOMPAS.TV - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan alasan pesta pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Puro Mangkunegaran adalah sebagai bentuk promosi sejarah.

"Ini bagian dari pembangunan pembelajaran kultur dan budaya dan mempromosikan sejarah kita," kata Erick Thohir, setelah gladi kotor pernikahan di Puro Mangkunegaran, pada Minggu (27/11/2022), dikutip dari Kompas.com.

Dalam hal ini, Erick Thohir berkaca dari Istana Maimun di Kota Medan, Sumatera Utara yang juga sering digunakan untuk acara berdakwah.

"Itu Istana Maimun yang di Medan kan sering juga dipakai untuk dakwah. Ya kan enggak apa-apa, itu supaya budaya kita ini terjaga. Jangan sampai kita menjadi negara maju tetapi negara yang tidak punya budaya," ujar dia. 

Dianggap Seperti Ponakan

Diketahui, Menteri Erick Thohir juga kerap ikut membantu persiapan pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi tersebut.

Mengenai hal itu, Erick mengaku bahwa Kaesang sudah dianggap seperti keponakannya sendiri.


 

"Kan mas Kaesang itu sudah seperti keluarga saya, keponakan lah, sehari-harinya kan sama Mas Aga tiap Minggu ketemu. Nah, ketika kami keluarga, kami saling membantu kalau ada yang perlu bantuan kami lakukan, nah itu maklum dan biasa," ujarnya.

Rangkaian Acara

Untuk pesta pernikahan di Solo, rangkaian acara berada di Loji Gandrung, Rumah Dinas Wali Kota Solo, di Jalan Slamet Riyadi dan Puro Mangkunegaran.

Loji Gandrung digunakan untuk tempat prosesi adat ngunduh mantu. Setelah itu kedua mempelai dan rombongan keluarga akan naik kereta kencana ke Puro Mangkunegaran.

"Ini juga melibatkan masyarakat. (kirab kereta kencana) rencana gitu, jadi itu ada kurang lebih 9 sampai 10 kereta, ya di mana nanti pengantin menyapa masyarakat," kata Erick Thohir.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x