Kompas TV entertainment lifestyle

28 November Memperingati Hari Apa? Hari Menanam Pohon dan Hari Dongeng Nasional

Senin, 28 November 2022 | 07:57 WIB
28-november-memperingati-hari-apa-hari-menanam-pohon-dan-hari-dongeng-nasional
Tanggal 28 November diperingati sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tanggal 28 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Menanam Pohon dan Hari Dongeng Nasional.

Oleh karena itu, hari ini, Senin (28/11/2022) tidak ada salahnya untuk turut memperingati Hari Menanam Pohon dan Hari Dongeng Nasional.

Berikut sejarah beberapa hari penting yang jatuh pada tanggal 28 November.

1. Hari Menanam Pohon

Melansir laman menlhk.go.id, tanggal 28 November ditetapkan sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008.

Hari nasional bertujuan untuk memberikan kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat tentang pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon.

Pohon menjaga suhu bumi tetap dingin, menyerap karbon dan menyaring polusi udara. 

Baca Juga: Jokowi: Pemimpin "Mikirin" Rakyat itu Ada yang Rambutnya Putih, Ada yang Sampai Keriput

Pohon juga memitigasi bencana alam dengan mengatur cuaca, menstabilkan tanah, melindungi tanaman, dan mengurangi peluang penyebaran patogen antara hewan dan manusia.

Selain itu, kemampuan pohon untuk menyerap CO2 merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengatasi perubahan iklim. 

2. Hari Dongeng Nasional

Keputusan Hari Dongeng Nasional diperingati tiap 28 November tidak terlepas dari legenda dongeng Indonesia; Drs Suyadi, atau yang biasa dikenal dengan Pak Raden.

Tanggal 28 November merupakan hari kelahiran Pak Raden, tokoh yang sudah menginspirasi banyak orang karena kecintaanny pada dunia anak-anak, cerita, dan lagu.

Sepanjang hidupnya, Pak Raden terus berpartisipasi, berkontribusi, dan berjuang dalam menghadirkan dongeng di tengah masyarakat.

Baca Juga: Prabowo Memberikan Pengarahan di MUNAS KAHMI

Dikutip dari kemdikbud.go.id, mendongeng atau bertutur adalah salah satu kebudayaan tertua yang mengakar di Indonesia. 

Kegiatan mendongeng dipercaya memiliki pengaruh yang sangat baik bagi perkembangan anak dan keharmonisan keluarga. 

Para penggiat dongeng lantas berkumpul dalam sebuah Forum Dongeng Nasional meyakini bahwa sudah saatnya dongeng perlu mendapatkan perhatian yang lebih besar dari seluruh masyarakat Indonesia. 

Hari ulang tahun Pak Raden dirasa sangat tepat untuk disandingkan dengan dongeng, karena seluruh hidup beliau pun memang tidak pernah lepas dari dunia hikayat. 

Deklarasi Hari Dongeng Nasional dilakukan serentak di berbagai kota, yang dilakukan oleh puluhan pendongeng, komunitas dongeng, serta komunitas literasi yang secara sukarela mendukung penuh inisiatif ini. 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Pesan Khusus Megawati untuk Ganjar

Rabu, 1 Februari 2023 | 12:14 WIB
Close Ads x