Kompas TV nasional politik

Politikus Gerindra Respons Pernyataan Jokowi soal Pemimpin Rambut Putih: Bagian dari Demokrasi

Kompas.tv - 28 November 2022, 05:15 WIB
politikus-gerindra-respons-pernyataan-jokowi-soal-pemimpin-rambut-putih-bagian-dari-demokrasi
Presiden Jokowi menghadiri silaturahmi akbar relawan Nusantara Bersatu di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu (26/11/2022). (Sumber: Antara)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Politikus Gerindra Andre Rosiade menanggapi santai pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat. 

Dalam pidatonya, Jokowi bertutur, pemimpin yang memikirkan rakyat itu salah satunya terlihat dari rambutnya yang berwarna putih dan keriput. 

Terkait hal ini, Andre menghormati pernyataan tersebut dan menilai hal itu bagian dari demokrasi dan kebebasan berpendapat sebagai warga negara. 

"Klaim pernyataan Presiden Jokowi soal kandidat berambut putih, kami jelas menghormati pernyataan Presiden Jokowi," kata Andre berdasarkan laporan Jurnalis Kompas TV, Jonah Hamonangan, Minggu (27/11/2022). 

"Kami menghormati dan bagian dari demokrasi."

Tak hanya soal pernyataan Jokowi soal pemimpin rakyat, Andre juga menanggapi penggunaan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) oleh relawan dan Jokowi untuk acara silaturahmi bertajuk Nusantara Bersatu, Sabtu (26/11) kemarin.

Seperti diketahui, penggunaan GBK untuk acara tersebut menuai kritik sejumlah pihak tak terkecuali para netizen. 

Mereka mempertanyakan konsistensi penggunaan Stadion Utama Gelora Bung Karno untuk Piala Dunia U-20 2023, setelah sebelumnya, tidak bisa jadi kandang Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022 maupun venue konser girl band Korea Selatan, Blackpink.

Baca Juga: Jokowi Singgung Pemimpin Rambut Putih, Pakar: Kode Paling Eksplisit untuk Ganjar Pranowo

Terkait hal ini Andre menuturkan penggunaan GBK sejatinya merupakan kebijaksanaan pemerintah. 

"Lalu mengenai penggunaan GBK, GBK adalah aset yang dikelola Kementerian Sekretariat Negara. Pemerintah yang menentukan bisa dipergunakan atau tidak," ujarnya.

"Pak Menpora (Zainudin Amali) telah menyatakan sebelum G20 enggak boleh ada penggunaan selain olahraga di GBK. Sekali lagi kami mengembalikan ke pemerintah ini aset pemerintah, kita kembali ini kebijaksanaan pemerintah."

Diberitakan sebelumnya, Jokowi mengungkapkan soal ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat di depan ribuan relawan dalam acara silaturahmi bertajuk Nusantara Bersatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (26/11).

Jokowi menjelaskan pemimpin yang memikirkan rakyat itu salah satunya terlihat dari rambutnya yang berwarna putih.

"Perlu saya sampaikan pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya, itu kelihatan. Dari penampilannya, itu kelihatan, banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat. Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua, ada," tutur Jokowi.

"Saya ulang, jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya, dari kerutan di wajahnya, kalau wajahnya cling, bersih, tidak ada kerutan di wajahnya, hati-hati. Lihat juga, lihat rambutnya, kalau rambutnya putih semua ini mikir rakyat ini."

Baca Juga: Pernyataan Jokowi Soal Pemimpin Berambut Putih, Ditangkis PDI-P: Gimik!


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x