Kompas TV nasional gaya hidup

Simak! Konsumsi 7 Makanan Ini Dapat Bikin Kulit Tetap Awet Muda, Apa Saja?

Senin, 28 November 2022 | 05:05 WIB
simak-konsumsi-7-makanan-ini-dapat-bikin-kulit-tetap-awet-muda-apa-saja
Alpukat. 7 jenis makanan yang bisa cegah penuaan dini. (Sumber: Wikipedia)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Penuaan seiring bertambahnya usia merupakan bagian alami dari kehidupan yang tidak bisa dihindari setiap manusia.

Meski demikian, proses penuaan dapat diperlambat dengan berbagai cara.

Selain dengan rutin berolahraga, banyak minum air putih dan perawatan di klinik kecantikan, memiliki tubuh atau wajah yang awet muda juga bisa didukung dengan asupan makanan yang tepat.

Pasalnya beberapa jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari, ternyata bisa mencegah Anda mengalami penuaan. 

Jenis makanan apa saja yang bisa mendukung kulit tetap segar dan awet muda?

Berikut ini adalah beragam makanan yang bisa membantu Anda terlihat lebih muda, yang sudah dirangkum Kompas.tv dari berbagai sumber.

1. Tomat

Tomat memiliki kandungan likopen yang tinggi. Likopen adalah sejenis karotenoid yang memberi warna merah pada tomat.

Melansir dari Kompas.com, Studi menunjukkan bahwa likopen juga dapat melindungi kulit dari sinar matahari yang merusak.

Dalam sebuah penelitian dalam International Journal of Cosmetic Science pada 2014, wanita yang makan campuran makanan tinggi likopen dan antioksidan tanaman lainnya mengalami penurunan kedalaman kerutan yang terukur setelah 15 minggu.

Sementara itu, Mengutip dari Eat This, tomat bekerja ganda untuk meningkatkan kecantikan.

Sedangkan, karotenoid dan antioksidan membantu tubuh melawan oksidasi yang menua sel-sel kulit, tomat juga dapat meningkatkan pro-kolagen molekul yang membuat kulit kencang, struktur awet muda.

2. Alpukat

Alpukat kaya kandungan lemak tak jenuh (lemak tak jenuh tunggal), yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dengan mendukung membran kulit yang sehat,

Buah ini juga mengandung antioksidan anti-penuaan seperti vitamin B, C, folat, magnesium, lutein, dan beta-karoten. 

3. Dark chocolate 

Dark chocolate atau Cokelat hitam memiliki sumber polifenol yang kaya, yang bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh.

Cokelat mengandung antioksidan yang disebut flavanol, ini memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan membantu memperlambat penuaan kulit.

Selain itu, sebuah penelitian telah menemukan bahwa konsumsi flavanol kakao dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah sehingga mendukung kesehatan jantung dan sirkulasi darah. 

Tentunya, sirkulasi darah yang baik penting untuk kesehatan kulit sehingga cokelat hitam dengan kandungan flavanolnya dapat membantu membuat kulit terlihat awet muda dan sehat. 

Baca Juga: Hati-hati, 6 Jenis Makanan Ini Ternyata Bikin Cepat Tua, Hindari Jika Ingin Awet Muda!

4. Kacang almond

Mengonsumsi kacang almond juga dapat memperlambat proses penuaan.

Pasalnya kacang almond mengandung asam lemak alami, polifenol, vitamin E, dan fitokimia dengan sifat antioksidan. Dikutip dari Better Home and Gardens, almond dapat membantu mengurangi kerutan pada kulit.

5. Paprika Merah

Mengutip Healthline, paprika merah memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yang baik untuk produksi kolagen.

Selain itu, paprika merah mengandung antioksidan tinggi yang disebut karotenoid. Karotenoid adalah pigmen tanaman yang menimbulkan warna merah, kuning, dan jingga terang yang kita lihat di banyak buah dan sayuran.

Karotenoid memiliki berbagai sifat yang memberikan manfaat untuk awet muda, membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, polusi, dan racun lingkungan.

6. Buah beri

Buah beri merupakan sumber antioksidan yang baik dan dapat menangkal radikal bebas alias pemicu penuaan dini.

Namun perlu diingat, setiap jenis buah beri memiliki kandungan antioksidan berbeda. Kendati demikian jika bicara soal nutrisi, blueberry adalah salah satu sumber terbaik.

7. Delima

Buah Delima tinggi vitamin C dan berbagai antioksidan kuat. Buah ini dapat melindungi tubuh kita dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi tingkat peradangan dalam sistem tubuh.

Buah sehat ini juga mengandung senyawa yang disebut punicalagins, yang dapat membantu menjaga kolagen di kulit dan memperlambat tanda-tanda penuaan.

Baca Juga: 5 Olahraga atau Stretching untuk Meredakan Nyeri Reumatik, Ternyata Mudah Dilakukan


 


Sumber : Kompas TV/Kompas.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x