Kompas TV olahraga sapa qatar

Timnas Inggris Dicemooh usai Imbang Lawan AS, Wayne Rooney Kritik Suporter

Kompas.tv - 28 November 2022, 00:05 WIB
timnas-inggris-dicemooh-usai-imbang-lawan-as-wayne-rooney-kritik-suporter
Mantan pemain Timnas Inggris, Wayne Rooney, mengkritik penggemar The Three Lions yang mencemooh Harry Kane dkk usai ditahan imbang 0-0 oleh Amerika Serikat di laga Grup B Piala Dunia 2022. (Sumber: Aleksandra Szmigiel/Pool Photo Via AP, File)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wayne Rooney mengkritik perilaku suporter Timnas Inggris yang mencemooh Harry Kane dkk usai meraih hasil imbang saat menghadapi Amerika Serikat di laga penyisihan Grup B Piala Dunia 2022.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Al Bayt itu, The Three Lions hanya meraih satu angka setelah ditahan imbang tanpa gol oleh Christian Pulisic dkk. 

Hasil itu membuat Inggris belum memastikan diri lolos ke babak 16 besar dan masih harus melewati laga terakhir melawan Wales. 

Meski hanya butuh hasil imbang atau kalah dengan selisih tidak lebih dari satu gol untuk lolos ke fase gugur Piala Dunia 2022, tim racikan Gareth Southgate itu tetap dicemooh pendukungnya sendiri. 

Menanggapi hal itu, Rooney pun mengecam perilaku sejumlah suporter tersebut. Mantan pemain Manchester United itu menilai, cemoohan tersebut tidak benar mengingat Inggris tinggal selangkah lagi memastikan diri lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022.

"Ada cemoohan di Stadion Al Bayt pada waktu penuh saat Inggris bermain imbang 0-0 dengan AS - yang di mana itu gila karena tim yang dicemooh kurang lebih sedikit lagi lolos ke babak 16 besar Piala Dunia," tulis Rooney di kolom The Times

"Saya tahu penggemar Inggris berharap banyak, tetapi kadang-kadang dalam budaya sepak bola kita, kita bisa sangat keras kepala mengakui kualitas lawan," tutur Rooney.

Legenda Timnas Inggris itu kemudian menjelaskan, hasil imbang dengan AS merupakan bukan hal yang buruk bagi Inggris. 

Baca Juga: Hasil Inggris vs Amerika Serikat di Piala Dunia 2022, Skor 0-0: Three Lions Ompong

Rooney yang saat ini melatih klub Major League Soccer (MLS), DC United, mengatakan bahwa sepak bola AS telah berkembang jauh dan bisa menjadi lawan yang sulit bagi tim mana pun. 

"Ini pasti benar ketika berbicara tentang sepak bola di AS. Itu lebih baik daripada yang dipikirkan kebanyakan orang di Inggris," lanjut Rooney 

"Standar pemain Amerika dan kepelatihan Amerika tinggi dan kualitasnya meningkat setiap saat." 

"Amerika Serikat adalah tim yang bagus dengan manajer yang baik dan mereka bermain dengan energi luar biasa yang dapat membuat mereka menjadi lawan yang sulit bagi tim mana pun."

"Tidak menerima itu hanyalah prasangka Inggris. Jika Inggris baru saja bermain imbang dengan Denmark, penggemar tidak akan mencemooh, bukan?" ucap Rooney. 

Inggris sendiri saat ini masih memimpin klasemen Grup B Piala Dunia 2022 dengan poin 4, di atas Iran yang mengoleksi 3 poin. 

Di posisi ketiga ada Amerika Serikat dengan raihan 2 angka dan di posisi paling bawah ada Wales yang baru mengumpulkan 1 poin. 

Di laga terakhir, Inggris bakal melawan Wales dan hanya butuh hasil imbang untuk memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. 

Baca Juga: AS Cuma Seri Lawan Inggris, Pulisic: Pekerjaan Kami Belum Selesai



Sumber : The Times/Mirror Football

BERITA LAINNYA



Close Ads x