Kompas TV nasional sosok

Mengenal Dubes Belanda Lambert Grijns, Anak Bogor yang Suka Makan Oncom

Kompas.tv - 28 November 2022, 06:10 WIB
mengenal-dubes-belanda-lambert-grijns-anak-bogor-yang-suka-makan-oncom
Duta Besar Belanda untuk Indonesia Lambert Grijns. (Sumber: Kompas.Id-)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sudah dua kali Duta Besar Belanda untuk Indonesia Lambert Grijns berkunjung ke Depok. Baginya, Depok punya hubungan erat dengan Belanda. 

"Saya sudah dua kali mengunjungi Kota Depok, suatu kehormatan yang besar karena Belanda dan Depok ada hubungan yang kuat terhadap peninggalan sejarah," katanya, di Depok, Jawa Barat, Minggu (27/11/2022) dikutip dari Antara.

Terlebih, Grijns punya kedekatan dengan Bogor, wilayah yang berdekatan dengan Depok. Maklum, di kota hujan ini, Grinjs dilahirkan dan tumbuh sebagai anak-anak yang dekat dengan tradisi masyarakat setempat. 

Meski wajah dan perawakannya tidak jauh beda dengan orang Eropa pada umumnya. Berkulit putih, hidung mancung dan berperawakan tinggi.

Baca Juga: Menggali Sejarah Belanda Depok, Dubes Belanda Ingin Jadikan Potensi Wisata Menarik

Namun, Grijns fasih berbahasa Indonesia. Bukan hanya itu, dia juga favorit dengan makanan khas Jawa Barat seperti oncom, bandrek dan bajigur.

Ketika berkunjung ke Gereja Zebaoth yang terletak di sekitar Kebun Raya pada 2020 silam, tak lama setelah ditugaskan di Indonesia, Grijns pun mengenang masa kecil dan remajanya. Dilihat dari situs resmi Gereja Zebaoth, ia menikmati masa nostalgianya. 


 

Saat tiba di sana, ia meminta rekan sejawatnya untuk memotret dirinya dengan latar belakang gedung Gereja Zebaoth dan Pastori serta ruang ibadah anak-anak saat ia dulu melaksanakan Zondag Shcool atau ibadah minggu Pelayanan Anak. Lambert Grijns lahir di Bogor tahun 1962, dan sempat bekerja di Bandung.

Dalam buku kenangan gereja, ia menuliskan kenangan saat di Zebaoth sekitar 50 tahun lalu. Zebaoth sangat berkesan dalam diri sang Dubes ini. Terlihat saat manikmati menu yang disajikan, ia banyak memilih menu-menu tradisional ala Bogor.

Gereja Zebaoth bagi Grijns bukan saja kenangan manis masa kecilnya, tapi juga banyak membentuknya di tengah pergolakan Indonesia saat itu. 

Nah, tidak heran saat berkunjung ke Depok, ia pun berambisi menggali potensi kota ini untuk bersinergi bersama dalam mengembangkan potensi wisata sejarah di Depok. Sebab Depok di masa lalu punya keterikatan dengan leluhur orang Belanda. 

Baca Juga: Dubes Belanda Tinjau Depok Lama Terkait Heritage Belanda-Depok

"Kami ingin semuanya punya peran agar peninggalan sejarah bisa lebih menarik," ujar Grijn.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x