Kompas TV nasional kesehatan

5 Olahraga atau Stretching untuk Meredakan Nyeri Reumatik, Ternyata Mudah Dilakukan

Kompas.tv - 27 November 2022, 20:45 WIB
5-olahraga-atau-stretching-untuk-meredakan-nyeri-reumatik-ternyata-mudah-dilakukan
Ilustrasi. Seorang atlet berenang di Waduk Sermo, Kulonprogo, DIY. Berikut lima saran olahraga atau gerakan stretching yang bisa mengurangi sakit reumatik. (Sumber: Dok. Humas PRSI DIY)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Penyakit reumatik atau rheumatoid arthritis dapat menimbulkan rasa sakit tak tertahankan di persendian. Untungnya, terdapat sejumlah olahraga atau gerakan peregangan atau stretching yang bisa meredakan nyeri akibat reumatik.

Selain meredakan nyeri reumatik, olahraga dan gerakan stretching dapat meningkatkan fleksibilitas sendi, meningkatkan daya jangkau gerak tubuh, dan memperbaiki suasana hati.

Sebagaimana disarikan Medical News Today, berikut lima saran olahraga yang bisa mengurangi sakit reumatik. Namun, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli terlebih dulu sebelum memutuskan untuk rutin melakukan olahraga tertentu.

1. Stretching

Stretching dapat meningkatkan fleksibilitas gerak, mengurangi kekakuan, serta meningkatkan daya jangkau gerakan tubuh. Rutin melakukan stretching penting untuk meredakan nyeri yang menjadi gejala reumatik.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Reumatik dan Asam Urat, Gejala, Penyebab dan Resikonya


Pola stretching yang ideal dapat berbeda-beda antarpenderita reumatik, tergantung area terdampak dan gejala yang dirasakan.

Umumnya, stretching yang baik melibatkan penggerakan lutut, tangan, dan siku.

2. Berjalan kaki

Berjalan kaki adalah olahraga sederhana yang dapat membantu mengatasi nyeri reumatik. Jalan kaki rutin juga bisa meningkatkan kondisi fleksibilitas tubuh, kondisi jantung, dan suasana hati.

Sebagai awalan, pengidap reumatik disarankan untuk berjalan kaki di permukaan datar terlebih dulu. Setelah itu, baru mencoba medan menanjak, menurun, atau tidak rata.

3. Berenang

Berenang atau olahraga aerobik air dapat meningkatkan fleksibilitas, daya jangkau gerakan, dan kekuatan otot tubuh. Berenang juga bisa meredakan ketegangan dan kekakuan sendi.

Air sendiri membantu menyangga beban tubuh dengan cara meminimalisasi dampak gravitasi. Sehingga, olahraga dalam air tidak akan berdampak secara berat ke persendian tubuh.

4. Bersepeda

Bersepeda dapat menjadi olahraga yang baik untuk meredakan nyeri reumatik. Mengayuh sepeda sendiri adalah cara aman untuk menggerakkan tubuh.

Bersepeda dapat meredakan ketegangan dan kekakuan sendi, meningkatkan kekuatan kaki, serta membina ketahanan stamina.

Selain itu, bersepeda menurunkan risiko penyakit kardiovaskular yang umumnya meningkat pada pengidap reumatik.

5. Latihan kekuatan otot

Latihan kekuatan otot dapat meredakan nyeri reumatik sekaligus memperkuat otot. Latihan kekuatan ini disarankan dilakukan terhadap sendi yang terdampak reumatik.

Salah satu latihan kekuatan otot yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan resistance band. Latihan ini juga dapat membangun massa otot secara bertahap.

Selain deretan olahraga di atas, latihan pergerakan seperti tai chi dan yoga juga disebut bermanfaat untuk meredakan nyeri reumatik. Latihan-latihan ini sebaiknya dilakukan secara konsisten demi hasil terbaik.

Baca Juga: Profil Farel Prayoga, Bocah ‘Ojo Dibandingke’ yang Bikin Presiden, Jenderal, dan Menteri Joget



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x