Kompas TV olahraga sapa qatar

Tanggapi Pernyataan Carlos Queiroz, Jurgen Klinsmann: Saya Tidak Pernah Mengkritiknya

Minggu, 27 November 2022 | 19:12 WIB
tanggapi-pernyataan-carlos-queiroz-jurgen-klinsmann-saya-tidak-pernah-mengkritiknya
Jurgen Klinsmann akan memberikan penjelasan kepada Carlos Queiroz mengenai komentarnya beberapa waktu lalu saat Timnas Iran berhasil mengalahkan Wales dengan skor 0-2 di laga Grup B Piala Dunia 2022. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jurgen Klinsmann mengatakan bahwa ada kesalahpahaman mengenai komentarnya terhadap pelatih Timnas Iran Carlos Queiroz usai kemenangan 0-2  yang diraih Team Melli atas Wales di laga Grup B Piala Dunia 2022.

Pria asal Jerman itu pun mengungkapkan akan menelepon Queiroz demi menenangkan situasi yang saat ini sedang memanas. 

"Ada hal-hal yang benar-benar di luar konteks. Saya akan mencoba meneleponnya dan menenangkan semuanya," kata Klinsmann dikutip dari BBC Sport, Minggu (27/11/2022). 

"Saya tidak pernah mengkritik Carlos atau pemain cadangan Iran," lanjut pandit BBC itu. 

"Beberapa bahkan mengira saya mengkritik wasit karena dia tidak melakukan apa-apa tentang perilaku mereka di bangku cadangan."

"Yang saya jelaskan hanyalah cara emosional mereka dalam melakukan sesuatu, yang sebenarnya mengagumkan dengan cara tertentu," tutur Klinsmann.

"Seluruh bangku cadangan menghidupkan permainan. Mereka melompat-lompat dan Carlos adalah pelatih yang sangat emosional, dia terus-menerus berada di pinggir lapangan mencoba untuk memberikan semua energi dan arahannya kepada para pemainnya," jelas mantan pelatih Timnas Jerman itu. 

Baca Juga: Perang Komentar Klinsmann vs Queiroz setelah Iran Menang atas Wales di Piala Dunia 2022

Seperti yang diberitakan sebelumnya, seusai pertandingan melawan Wales itu, Klinsmann menyebut cara Iran "mengerjai" wasit sepanjang pertandingan adalah bagian dari "budaya" mereka. 

Mantan striker itu juga menyerang Queiroz dengan menyebutnya cocok dengan "budaya" Timnas Iran usai gagal bersama Kolombia dan Mesir.

"Queiroz kesulitan di Amerika Selatan, dia gagal lolos (Piala Dunia) dengan Kolombia lalu gagal lagi dengan Mesir. Kemudian dia kembali dan menuntun Iran, yang mana telah bekerja sama dengannya untuk waktu yang lama. Jadi, ini bukanlah kebetulan, ini suatu kesengajaan," ujar Klinsmann. 

"Ini sekadar bagian dari budaya mereka (Iran) dan cara bermain mereka. Mereka mengerjai wasit, Anda melihat (pemain dan staf Iran) di bangku cadangan selalu melompat-lompat, mengerjai ofisial keempat dan hakim garis, terus-terusan menempel kuping mereka."

"Kiefer Moore (penyerang Wales) mungkin akan mengatakan selebihnya kepada Anda seusai pertandingan tentang insiden-insiden kecil yang tidak kita ketahui," tukas pria berusia 58 tahun itu. 

Baca Juga: Iran Vs Wales Menang 2-0, Iran Buka Peluang ke 16 Besar!

Menanggapi komentar Klinsmann itu, Queiroz pun tampaknya berang. Pelatih asal Portugal itu pun mengatakan bahwa dia ingin mengenalkan "budaya Persia" kepada pria yang sekarang menjadi warga negara Amerika Serikat itu. 

"Tidak peduli betapa hormatnya saya kepada Anda di dalam lapangan, komentar tentang budaya, tim nasional Iran, dan para pemain saya adalah aib bagi sepak bola," kata Quieroz dalam sebuah cuitan di akun Twitter.

"Tentu saja, tidak ada yang bisa melukai integritas kami jika itu tidak setara dengan kami," lanjutnya. 

"Sebagai orang Amerika/Jerman, kami mengerti kenapa Anda tidak mendukung kami. Tidak masalah."

"Dan kendati Anda berkomentar menghina di BBC untuk merendahkan kemampuan, pengorbanan, dan upaya kami; kami berjanji tidak akan melakukan penghakiman terkait budaya, akar, dan latar belakang Anda," tutup Queiroz.

Baca Juga: Prediksi Spanyol vs Jerman di Piala Dunia 2022: Rekor Buruk Die Mannschaft pada Abad 21

 


Sumber : BBC Sport

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x