Kompas TV internasional kompas dunia

Meriahnya Festival Monyet di Lopburi Thailand, Populasinya Meningkat dari 300 Jadi 4.000 Ekor

Kompas.tv - 27 November 2022, 19:54 WIB
meriahnya-festival-monyet-di-lopburi-thailand-populasinya-meningkat-dari-300-jadi-4-000-ekor
Monyet-monyet menikmati buah yang disajikan pada Festival Monyet di Provinsi Lopburi, Thailand, Minggu, 27 November 2022. Makanan dan hidangan untuk monyet yang lezat nan istimewa disajikan di festival tahunan tersebut. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

LOPBURI, KOMPAS.TV - Makanan dan hidangan yang lezat nan istimewa tersaji di Festival Monyet tahunan di Lopburi, Thailand, yang berlangsung meriah, Minggu (27/11/2022).

Di tengah sibuknya lalu lintas pagi, deretan patung monyet yang memegang nampan berjejer di luar kompleks Tiga Pagoda Kuno, sementara para sukarelawan menyiapkan hidangan lezat untuk para monyet di seberang jalan, seperti dilaporkan Associated Press, Minggu.

Monyet adalah simbol provinsi yang berlokasi sekitar 150 km di sebelah utara Bangkok.

Kerumunan monyet berlarian riang gembira, saling bercengkerama, terkadang berkelahi satu sama lain. Sementara kerumunan pengunjung dan penduduk setempat bertambah pada puncak perayaan.

Saat hidangan lezat yang dipersiapkan dengan hati-hati dibawa ke kuil, makhluk-makhluk rakus itu mulai menerkam dan segera melahap sebagian besar makanan vegetarian.

Meskipun nilai hiburan festival ini tinggi, penyelenggara dengan cepat menunjukkan bahwa ini bukan sekadar urusan monyet.

"Festival monyet ini merupakan acara sukses yang membantu mempromosikan pariwisata Lopburi di kalangan wisatawan internasional setiap tahun," kata Yongyuth Kitwatanusont, pendiri festival tersebut.

"Sebelumnya, ada sekitar 300 monyet di Lopburi sebelum meningkat menjadi hampir 4.000 saat ini. Tapi Lopburi dikenal sebagai kota monyet, artinya monyet dan manusia bisa hidup rukun."


Baca Juga: Mengharukan! Monyet Datangi Pemakaman Pria yang Kerap Memberinya Makan, Mengelus dan Menciumnya

Seekor monyet naik ke tubuh seorang pria dalam Festival Monyet yang digelar di Provinsi Lopburi, Thailand. Sementara lainnya sibuk memilih dan menyantap makanan lezat nan istimewa yang disajikan pada festival tahunan tersebut. (Sumber: Matichon Thailand)

Keharmonisan tersebut terlihat dari kurangnya rasa malu yang ditunjukkan oleh para monyet yang naik ke tubuh pengunjung, kendaraan, dan tiang lampu.

Kadang monyet-monyet yang ingin tahu atau kepo itu perhatiannya terpecah dari pesta yang penuh limpahan hidangan lezat dan menaruh minat pada barang-barang lainnya.

"Ada seekor monyet di punggung saya saat saya mencoba mengambil selfie. Dia mengambil kacamata hitam dari wajah saya dan berlari ke atas tiang lampu dan mencoba memakannya," kata Ayisha Bhatt, guru bahasa Inggris dari California yang bekerja di Thailand.

Para penonton yang senang sebagian besar tidak terpengaruh oleh risiko pencurian kecil-kecilan oleh para monyet, meskipun beberapa bersikap hati-hati.

"Kita harus berhati-hati dengan mereka, lebih baik biarkan saja. Tidak terlalu dekat lebih baik," kata Carlos Rodway, seorang turis dari Cadiz, Spanyol, yang sebelumnya menjadi kerangka panjat oleh seekor monyet pemberani.

Festival ini merupakan tradisi tahunan di Lopburi dan diadakan sebagai cara untuk menunjukkan rasa terima kasih kepada monyet karena telah mendatangkan pariwisata.

Tema tahun ini adalah "monyet memberi makan monyet," penangkal tahun-tahun sebelumnya di mana partisipasi monyet menurun karena tingginya jumlah wisatawan, yang dipandang mengintimidasi hewan.



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x