Kompas TV nasional politik

Ganjar Pamer Warna Rambut Baru usai Jokowi Singgung Pemimpin Berambut Putih

Kompas.tv - 27 November 2022, 17:10 WIB
ganjar-pamer-warna-rambut-baru-usai-jokowi-singgung-pemimpin-berambut-putih
Sehari setelah Jokowi menyampaikan ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat yang salah satunya disebut berambut putih, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunggah foto dirinya yang berambut hitam. (Sumber: Tangkapan layar Instagram)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

SEMARANG, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah yang juga kader PDIP, Ganjar Pranowo, memamerkan penampilannya dengan rambut hitam lewat akun Instagram pribadinya, @ganjar_pranowo, Minggu (27/11/2022).

Penampilan Ganjar kali ini tampak berbeda karena biasanya ia selalu tampil dengan rambut putihnya.

Gubernur Jateng tersebut mengunggah foto penampilan barunya sehari setelah Presiden Joko Widodo atau Jokowi, menyinggung soal ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat yaitu wajahnya penuh kerutan dan berambut putih.

"Cukur. Kamu punya tips merawat wajah dan rambut?" tanya Ganjar dalam keterangan di unggahan tersebut, Minggu.

Baca Juga: PDIP: Pemimpin Itu Lahir dari Gemblengan Partai dan Menjawab Panggilan Sejarah

Diberitakan sebelumnya, Jokowi menyebutkan ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat di depan ribuan relawan yang hadir di acara silaturahmi bertajuk Nusantara Bersatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (26/11).

Jokowi menjelaskan pemimpin yang memikirkan rakyat itu salah satunya terlihat dari rambutnya yang berwarna putih.

"Perlu saya sampaikan pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya itu kelihatan. Dari penampilannya itu kelihatan, banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat, ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua ada," jelas Jokowi.


Baca Juga: Pernyataan Jokowi Soal Pemimpin Berambut Putih, Ditangkis PDI-P: Gimik!

"Saya ulang, jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya, dari kerutan di wajahnya, kalau wajahnya cling, bersih, tidak ada kerutan di wajahnya, hati hati. Lihat juga, lihat rambut rambutnya, kalau rambutnya putih semua ini mikir rakyat ini," kata dia.

Meski demikian, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto membantah apa yang diungkapkan oleh Jokowi sebagai salah satu acuan untuk memilih pemimpin mendatang. 

"Pemimpin itu tidak ditentukan oleh warna rambut. Sebab warna rambut sama, belum tentu hati dan pikiran sama," jelas dia kepada Kompas TV, Minggu.

Hasto melanjutkan apa yang disampaikan Jokowi hanyalah gimik politik belaka.

Baca Juga: Benarkah Rambut Putih Tanda Mikirin Rakyat? Simak Penjelasan Medis Tumbuh Uban di Usia Muda



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x