Kompas TV regional berita daerah

Perjuangan Guru Honorer S1 di Kabupaten Gowa yang Mengajar di Pedalaman

Kompas.tv - 27 November 2022, 14:03 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

GOWA, KOMPAS.TV - Perjuangan guru honorer di dusun Hasana desa Parigi kabupaten Gowa Sulawesi Selatan tidaklah mudah. Mereka harus melewati sulitnya medan untuk mengajar siswa SD. Keinginannya untuk mengajar karena prihatin kurangnya tenaga pengajar di pedalaman.

Hampir tiap hari Muhammad Asmin seorang guru honorer mempersiapkan perlengkapan sebelum berangkat mengajar. Untuk sampai di sekolah tempatnya mengajar di dusun Hasana kampung Patuku Gowa Asmin harus menempu jarak puluhan kilometer melewati jalan berlumpur dan lembah. Tiba di sekolah Asmin bergegas mengganti baju sebelum masuk ke dalam kelas untuk mengajar.

Asmin menjadi salah satu guru honor yang rela mengabdikan diri mengajar di pedalaman. SD Negeri Petuku tempanya mengajar merupakan satu-satunya sekolah di daerah itu. Jumlah siswa di sekolah ini sebanyak 41 orang mulai dari kelas 1 hingga kelas 6. Sejak tahun 2017 guru honor yang bergelar S1 ini menerima gaji 700 ribu hingga satu juta rupiah yang di terima pertiga bulan.

 

#GuruHonorer

#SDNegeriPatuku

#GowaSulawesiSelatan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.