Kompas TV nasional update

Satu Jenazah Perempuan Korban Gempa Cianjur Ditemukan di Dekat Kolam, 13 Orang Masih Dicari

Kompas.tv - 27 November 2022, 12:04 WIB
satu-jenazah-perempuan-korban-gempa-cianjur-ditemukan-di-dekat-kolam-13-orang-masih-dicari
Analis Pencarian dan Pertolongan Basarnas, Joshua Banjarnahor, mengungkapkan temuan satu jenazah perempuan di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, Minggu (27/11/2022) pagi. (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Purwanto

CIANJUR, KOMPAS.TV - Satu jenazah berjenis kelamin perempuan ditemukan di dekat kolam di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, Minggu (27/11/2022) pagi.

Analis Pencarian dan Pertolongan Basarnas, Joshua Banjarnahor, mengungkapkan bahwa jenazah tersebut ditemukan di bawah lereng titik pencarian tim gabungan di dekat kolam.

Joshua menjelaskan, pencarian korban hari ini fokus dibagi di tiga titik, yakni RT 03 Cijedil, kampung Cicadas, dan Warung Sinta.

"Titik lokasi, fokus hari ini semuanya di Cijedil di Kecamatan Cugenang," jelas Joshua kepada jurnalis Kompas TV, Nandha Aprilia, Minggu (27/11/2022).

"Tapi di beberapa titik lainnya tetap ada perlakuan, ada asesmen, maupun monitoring bila ada laporan korban terbaru," imbuhnya.

Joshua mengungkapkan, kesulitan tim pencari korban gempa Cianjur ialah tumpukan tanah longsor yang cukup tebal. Tim berupaya menggali tanah menggunakan alat berat bantuan dari TNI.

Selain itu, beberapa korban juga justru ditemukan di lokasi yang bukan merupakan titik pencarian.

"Beberapa korban bukan di titik di sini (titik pencarian), tapi di bawah, dekat kolam," jelas dia.

Baca Juga: Satu Jenazah Kembali Ditemukan, 134 Korban Tewas Gempa Cianjur Teridentifikasi, Balita hingga Dewasa

Ia juga menerangkan, tantangan pencarian korban di antaranya cuaca hujan yang biasanya terjadi pada siang hari. Kemudian, ia juga mengatakan gempa susulan juga menjadi tantangan tersendiri bagi tim pencari jenazah korban gempa Cianjur. 

"Jadi safety officer (tim keselamatan) kami taruh di beberapa titik," ujar Joshua. 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x