Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Jangan Biarkan Kecoa Mati Ada di Rumah, Serangga Lain Bakal Datang

Minggu, 27 November 2022 | 10:44 WIB
jangan-biarkan-kecoa-mati-ada-di-rumah-serangga-lain-bakal-datang
Ilustrasi. Jangan biarkan kecoa mati berada di dalam rumah, sebaiknya segera buang dan bersihkan, karena bangkainya bisa mengundang kehadiran kecoa lain. (Sumber: Pixabay.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

KOMPAS.TV – Jangan biarkan kecoa mati berada di dalam rumah, sebaiknya segera buang dan bersihkan, karena bangkainya bisa mengundang kehadiran kecoa lain.

Mengutip How to Murder Pests, Mingu (27/11/2022), kecoa merupakan binatang kanibal, mereka bahkan bisa memakan telur dan bayinya.

Bukan hanya memakan telur dan bayinya, kecoa juga memakan bangkai kecoa lain, sehingga mereka akan datang jika Anda tidak membersihkan bangkai tersebut.

“Jadi, Anda bisa melihat kecoak mati menghilang di rumah Anda jika Anda menggunakan semprotan insektisida.”

Baca Juga: Pengunjung Restoran Terkejut, Kecoak Ditemukan di Mangkuk Makanan Anaknya yang Sudah Kosong

“Kecoa dan serangga lain mungkin mengambil kecoa mati itu dan membawanya ke sarang untuk memakannya,” demikian tertulis dalam penjelasan artikel tersebut.

Mengutip pemberitaan Kompas.com, kecoa sama seperti serangga lainnya, setelah mati mereka mengeluarkan asam lemak bernama asam oleat.

Aroma dari asam oleat memberi sinyal kepada kecoa, serta serangga lainnya, bahwa yang tergeletak di sana adalah makanan.

Eksperimen yang dilakukan oleh tim peneliti di McMaster University, Ontario, Kanada, dengan pimpinan Profesor David Rollo, dan telah dipublikasi dalam jurnal Evolutionary Biology.

Para peneliti menyemprotkan asam oleat pada sekelompok semut hidup, dan hasilnya, semut-semut lainnya memakan mereka.

Hal yang sama juga terjadi pada kecoa, yang bahkan akan mengundang banyak jenis serangga karnivora lain seperti semut, lipan, dan laba-laba.

Baca Juga: Lepaskan Lebih dari 1.000 Kecoak di Acara Jamuan Makan, Lima Orang Ditangkap

Penyebab lain bangkai kecoa akan mengundang serangga lain adalah keberadaan feromon, yakni sekresi yang dikeluarkan oleh serangga untuk berkomunikasi satu sama lain.

Biasanya mereka mengeluarkan feromon saat ada sumber makanan. Aroma feromon ini akan ditangkap oleh serangga lain, dan menuju area tersebut.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x