Kompas TV entertainment seni budaya

Pernikahan Kaesang dan Erina Digelar 3 Hari, Ini Rangkaian Perkawinan Adat Yogyakarta

Kompas.tv - 27 November 2022, 10:41 WIB
pernikahan-kaesang-dan-erina-digelar-3-hari-ini-rangkaian-perkawinan-adat-yogyakarta
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono melakukan sesi foto prewedding. (Sumber: Instagram/@erinagudono)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono,  akan dilaksanakan di DI Yogyakarta dan Solo, Jawa Tengah.

Belum diketahui pasti rangkaian acara pernikahan Kaesang dan Erina baik di Solo maupun di Yogyakarta.

Namun, beberapa pihak sempat membocorkan rangkaian acara perkawinan pasangan berbahagia ini  di Yogyakarta.

Sekretaris Daerah (Sekda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kadarmanta Baskara Aji, menjelaskan prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di DIY dilaksanakan 3 hari.

"Kemarin ditanya orang makanya saya tanya jadwalnya itu ada mulai tanggal 8 (Desember) semaan (Quran), kemudian tanggal 9 itu mulai pasang bleketepe dan seterusnya, malam itu midodareni, paling pokok pada upacara nikahannya tanggal 10 (10 Desember 2022) jam 12.00, itu informasi yang saya terima, apakah ada perubahan belum tahu," ujar Kadarmanta, Kamis (24/11/2022), dikutip dari Kompas.com.

Urutan Upacara Pernikahan Adat Yogyakarta

Melansir laman resmi jogjaprov.go.id dalam jurnal yang ditulis oleh Ernawati Purwaningsih ada beberapa tahapan dalam upacara perkawinan Gagrag Yogyakarta.

Untuk diketahui, tahapan ini merupakan upacara perkawinan adat Yogyakarta yang masih tradisional.

Seiring perkembangan zaman, biasanya ada beberapa modifikasi namun tetap mempertahankan inti dari adat.

1. Upacara Tarub

Upacara Tarub ditandai dengan memasang berbagai macam daun dari berbagai tanaman dan sesaji di antaranya pisang raja, kembang telon, tumpeng robyong, tumpeng gundhul, 
tumpeng megana, nasi liwet, jajan pasar.

Selain itu juga dilengkapi dengan sepasang pohon pisang raja yang sudah berbuah satu tundun, kelapa, pohon padi, tebu, daun beringin dan daun dhadhap srep.

Upacara Tarub bisa dilaksanakan pagi hari atau sore hari diawali dengan doa oleh seluruh keluarga dan tamu undangan. Upacara diakhiri dengan pemasangan bleketepe yaitu anyaman daun kelapa.

2. Upacara Nyantri

Di pernikahan modern, upacara Nyantri sudah jarang dilakukan, namun terkadang  disajikan secara sekilas

Tradisi ini dijalani oleh calon pengantin laki-laki. Sehari atau tiga hari sebelum upacara ijab dilaksanakan, calon pengantin laki-laki sudah diserahkan kepada orang tua calon pengantin perempuan. 

Setelah diterima oleh orang tua calon pengantin perempuan, kemudian calon pengantin laki-laki dititipkan di rumah saudara atau tetangga. 

3. Upacara Siraman



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x