Kompas TV nasional gaya hidup

Benarkah Rambut Putih Tanda Mikirin Rakyat? Simak Penjelasan Medis Tumbuh Uban di Usia Muda

Kompas.tv - 27 November 2022, 08:38 WIB
benarkah-rambut-putih-tanda-mikirin-rakyat-simak-penjelasan-medis-tumbuh-uban-di-usia-muda
Ilustrasi rambut putih alias uban di usia muda (Sumber: Kompas.Com/shutterstock-)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Ramai narasi "rambut putih" yang disampaikan Presiden Jokowi di acara silaturahmi relawan Jokowi bertajuk Nusantara Bersatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

"Perlu saya sampaikan pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya, itu kelihatan, dari penampilannya itu kelihatan, banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat, ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua ada," kata Jokowi dalam orasi acara tersebut.  


Narasi "rambut putih" pun kemudian ramai ditafsirkan dengan mengaitkan pada banyak tokoh, mulai dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, penyanyi Iwan Fals hingga Presiden Soeharto yang memang berambut putih alias beruban.

Baca Juga: Masinton PDIP Sebut Jokowi Tak Beri Kode untuk Ganjar: Yang Rambut Putih Banyak

Namun, secara medis, rambut putih alias uban adalah hal yang bisa terjadi pada semua orang dan tidak selalu berkaitan denga penambahan usaia.  Artinya, usia muda pun bisa berambut putih. 

Trichologist dari BosleyMD, Gretchen Friese menyebutkan, salah satu penyebab rambut tumbuh uban di usia muda adalah faktor genetik. "Faktor genetik juga punya peran yang besar terhadap kapan dan bagaimana seseorang mulai memiliki uban," kata Gretchen Friese, dikutip dari Kompas.Com. 

Biasanya, tambah Friese, jika salah satu atau kedua orang tua memiliki riwayat beruban sejak dini, ada kemungkinan anaknya akan mengalami hal yang sama.


 

Faktor usia memang jelas memberi pengaruh.  Sebab seiring bertambahnya usia, sel-sel rambut  mulai mati. Ketika sel pigmen berkurang, batang-batang rambut akan tumbuh lebih tipis dan berubah warna menjadi putih keabu-abuan. 

Sementara Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RSUD dr.Iskak Tulungagung, dr. Sekar Puspita Lila Sari, Sp. KK menjelaskan dalam situs resmi rsud Tulungagung, aktivitas atau kegiatan yang sering dilakukan di luar ruangan yang notabene sering terkena paparan sinar radiasi dan paparan sinar matahari juga dapat memicu timbulnya rambut beruban di usia muda.

Hal ini terjadi karena munculnya peradangan pada folikel rambut manusia.

Lalu bisakah rambut putih dicegah?

“Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi rambut beruban di usia muda, salah satunya dengan berkonsultasi kepada dokter kulit dan kelamin untuk melihat penyebab utama rambut beruban tersebut,” lanjutnya.

Memenuhi asupan nutrisi rambut serta mengurangi perawatan rambut yang sering menggunakan bahan kimia perlu dihindari agar tidak terjadi beruban di usia muda.

Baca Juga: Fakta-fakta Temu Relawan Nusantara Bersatu Jokowi di GBK: Ada Spanduk 3 Periode dan Sampah 31 Ton

Selain itu yang tidak kalah penting adalah jika beraktivitas di luar ruangan diusahakan memakai penutup rambut seperti topi atau jilbab bagi wanita. “Jika rambut beruban disebabkan oleh penyakit hormonal atau auto imun biasanya dokter akan memberikan obat minum atau suplemen untuk menghambat rambut beruban di usia muda,”katanya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x