Kompas TV nasional rumah pemilu

Pengamat: Kode Keras Jokowi kepada Ganjar Bisa Buat PDIP Berubah Haluan

Kompas.tv - 27 November 2022, 04:05 WIB
pengamat-kode-keras-jokowi-kepada-ganjar-bisa-buat-pdip-berubah-haluan
Presiden Jokowi berpidato dalam acara Silaturahmi Akbar Relawan Nusantara Bersatu di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (26/11/2022). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pernyataan Presiden Joko Widodo mengenai ciri-ciri calon pemimpin dinilai sebagai dukungan yang mengarah ke Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin menilai meski Jokowi hanya memberikan ciri-ciri, namun sangat mudah bagi masyarakat untuk menafsirkan sosok tersebut adalah Ganjar Pranowo.

Terlebih bukan sekali Jokowi melempar isyarat bahwa Ganjar adalah calon pemimpin yang diinginkannya. 

Saat membuka Rakernas relawan Pro Jokowi atau Projo di Magelang, RI 1 itu juga melempar isyarat tidak perlu terburu-buru memilih calon pemimpin. Kala itu Ganjar turut hadir mendampingi Jokowi. 

Baca Juga: Jokowi ke Relawan Soal Ciri Pemimpin: Lihat Rambutnya, Kalau Putih Semua Ini Mikir Rakyat!

"Ini sangat jelas, yang disampaikan Jokowi ini mengarah kepada dukungan kepada calon tertentu di Pilpres 2024, yaitu mengarah kepada Ganjar," ujar Ujang dalam keterangan video, Sabtu (26/11/2022).

Ujang menambahkan isyarat-isyarat Jokowi terkait calon pemimpin ini juga sebagai sebuah sinyal bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta itu memiliki kekuatan besar untuk mengajak relawannya mendukung calon tertentu di Pilpres 2024.

Hal ini sangat terang dilakukan Jokowi di berbagai kesemaptan di tengah partai politik sedang membangun koalisi dan kerjasama dalam Pilpres 2024. 

Termasuk juga memberi keyakinan kepada Ketua Umum PDI Perjuangan agar tidak salah memilih calon pemimpin. 

Baca Juga: Saat Jokowi Sebut 'Mungkin yang Kita Dukung Ada di Sini' saat Rakernas V Projo di Magelang

"Kalau sudah begini, indikasi dukungan Jokowi ke Ganjar, bisa jadi nanti PDIP juga berubah haluan mendukung Ganjar. Tentu ini perlu komunikasi dan deal politik antara Jokowi dengan Megawati," ujar Ujang. 

Sebelumnya saat memberikan sambutan di acara silaturahmi relawan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Presiden Jokowi melempar kode keras mengenai calon pemimpin dalam Pilpres 2024.

Jokowi mengingatkan agar para relawan berhati-hati dalam memilih calon pemimpin di masa depan. 

Jokowi menjelaskan ciri-ciri pemimpin yang bekerja untuk rakyat, yakni memiliki kerutan di wajah dan berambut putih.


 

"Pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya. Dari penampilannya itu kelihatan. Banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat. Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih, semua ada," ujar Jokowi. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x