Kompas TV regional berita daerah

40 Pelaku Usaha Mikro Ikuti Pelatihan Pemberdayaan Usaha Digitalisasi Pemasaran

Kompas.tv - 26 November 2022, 19:13 WIB
40-pelaku-usaha-mikro-ikuti-pelatihan-pemberdayaan-usaha-digitalisasi-pemasaran
(Sumber: Kominfo Dairi)
Penulis : KompasTV Medan

ADVERTORIAL - Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) akhir - akhir ini mendapat perhatian serius dari pemerintah. Presiden Jokowi menyampaikan, sektor UMKM ini menjadi penopang kemandirian ekonomi bangsa di tengah tantangan dan krisis multisektor yang melanda dunia.

 

Hal serupa juga disampaikan Bupati Dairi saat membuka Pelatihan Pemberdayaan Usaha Melalui Digitalisasi Pemasaran yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM di Aula The One's Hotel, Kamis (24/11).

 

Disebutkan Bupati, pelatihan ini bertujuan untuk pemberdayaan kelembagaan  potensi dan pengembangan usaha mikro. Tujuan lainnya kata Bupati adalah meningkatkan minat, mendapatkan pengetahuan dan pemahaman dalam membangun relasi sebagai motor penggerak bisnis online. "Bagaimana berkomunikasi yang baik dengan pelanggan, adalah hal kecil namun sangat penting kita kuasai," kata Bupati.

 

Di tengah iklim usaha yang kurang sehat, Bupati berpesan agar pelaku usaha tidak berkecil hati, namun tetap berjibaku memanfaatkan teknologi demi kemajuan usaha. "Jangan berkecil hati. Dunia memang sedang tidak baik-baik saja. Bahkan diprediksi tahun depan jauh lebih sulit. Kreatiflah dan jangan boros," ujarnya.

(Sumber: Kominfo Dairi)

Bupati kembali menambahkan, pada saat krisis, dunia berubah, banyak perusahaan yang besar pada masanya tak mampu bertahan. 

 

"Yang bertahan pun bukan yang besar dan kuat, seperti Nokia atau seperti negara yang berkuasa namun perusahaan dan negara yang adaptif dan cepatlah yang survive. UMKM itu lebih leluasa bergerak. Perubahan zaman saat ini sedang menuju pada  UMKM yang seperti bapak ibu lakukan. Jadi tetap semangat," katanya.

 

Sementara itu Malum boru Kudadiri, salah seorang peserta pelatihan juga pengurus Pokdarwis Taman Wisata Iman (TWI) Sitinjo menyampaikan keluh kesah usaha pariwisata saat diterpa pandemi 2 tahun terakhir. Hal tersebut membuat Ia dan rekannya harus memutar otak memberdayakan segala sesuatu untuk menghidupi keluarga.

 

"2 tahun usaha di TWI nyaris tanpa pengunjung pak, Kami mesti memutar otak untuk membuat usaha apa saja agar roda ekonomi kami tetap berputar," katanya.

 

Kondisi Ini  kata Malum jadi salah satu alasan Ia dan rekannya membentuk Pokdarwis yang memberdayakan seluruh anggota mengolah usaha keripik ubi sebagai usaha pendukung. Malum berharap pemerintah senantiasa melakukan perannya melakukan pendampingan agar usaha masyarakat tetap berjalan.

 

Hadir dalam kegiatan ini Kadisperindagkop, mewakili Kadis Perijinan, Pimpinan Cabang Bank BNI 46 Sidikalang,  Kepala KP2KP, Bank Sumut, dan para peserta pelatihan. (*)



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.