Kompas TV entertainment lifestyle

5 Obat Pelangsing Alami dari Tumbuhan, Bisa Bikin Sendiri di Rumah, lho

Sabtu, 26 November 2022 | 20:20 WIB
5-obat-pelangsing-alami-dari-tumbuhan-bisa-bikin-sendiri-di-rumah-lho
Ilustrasi menimbang berat badan. Bahan alami untuk menurunkan berat badan. (Sumber: Delpixart)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tubuh ideal merupakan impian bagi semua orang, baik itu laki-laki maupun perempuan. Kabar baiknya, Anda tak perlu membeli obat pelangsing mahal, cukup memanfaatkan bahan alami untuk menurunkan berat badan.

Obat pelangsing alami ini bahkan bisa ditemukan dengan mudah di dapur, pasar tradisional, dan swalayan. Cara membuatnya juga mudah, bisa bikin sendiri di rumah.

Akan tetapi, mendapatkan tubuh ideal tak cukup jika hanya mengonsumsi bahan alami ini. Anda tetap harus menjaga pola makan dan melakukan olahraga rutin.

Baca Juga: Rebusan Daun Kemangi Bisa Atasi Penyakit Asam Lambung, Begini Resepnya

Dalam hal ini, bahan alami bertugas untuk membantu mempercepat penurunan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh.

Obat Pelangsing Alami dari Tumbuhan

1. Kayu Manis

Melansir Style Craze, kayu manis memiliki manfaat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Kayu manis dapat membantu menekan nafsu makan. Selain itu, kayu manis juga membantu meningkatkan metabolisme, mengatur gula darah, dan kolesterol.

Anda dapat mengonsumsi infused water kayu manis di pagi hari selama empat minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Cukup siapkan 1½ sendok teh bubuk kayu manis dan 1 gelas air. Masak dua bahan ini, lalu biarkan air mendidih selama 2-3 menit. Saring kayu manis, lalu dinginkan. Simpan air tersebut di dalam kulkas, lalu minum di pagi harinya.

Baca Juga: Salah Satu Manfaat Daun Bawang, Bisa Menurunkan Berat Badan

2. Daun Kelor

Bubuk daun kelor telah banyak dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Penelitian yang dilakukan terhadap hewan menunjukkan bahwa daun kelor dapat mengurangi pembentukan lemak dan meningkatkan pemecahan lemak.

Terdapat beberapa opsi untuk mengonsumsi daun kelor. Anda dapat menggunakannya dalam bentuk bubuk, kapsul, atau rebusan daun kelor.

Untuk rebusan daun kelor, Anda dapat merebusnya atau merendam di air panas. Jika memungkinkan, tambahkan rempah lain, seperti kayu manis atau lemon. Minum rebusan ini sebelum tidur sebagai minuman relaksasi.

Baca Juga: Air Rebusan Daun Kelor Bantu Turunkan Kadar Gula Darah, Cocok untuk Penderita Diabetes Melitus

3. Fenugreek

Biji fenugreek merupakan rempah pelangsing alami yang diambil dari tumbuhan Trigonella foenum-graecum. Biji fenugreek membantu mengurangi lemak dan menekan nafsu makan. Selain itu, tumbuhan ini juga membantu meningkatkan pembakaran lemak, mengontrol kadar kolesterol, hingga meningkatkan sensitivitas insulin.

Menggunakan fenugreek sebagai obat pelangsing alami dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti menjadikannya teh atau sebagai campuran rempah di masakan harian, seperti kari, sup, atau smoothie.

Untuk membuat  teh biji fenugreek, Anda membutuhkan 1 sendok teh biji fenugreek dan 1 gelas air. Rendam biji fenugreek itu ke dalam segelas air selama semalaman. Minum air tersebut saat perut kosong.

Baca Juga: Bagaimana Protein Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan? Ini Menurut Pakar Gizi

4. Teh Hijau

Bahan alami yang kaya akan antioksidan ini dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk menurunkan berat badan. Teh hijau bermanfaat untuk merangsang pembakaran lemak dan menekan nafsu makan.

Saat ini, teh hijau banyak dijual di toko-toko atau swalayan dalam berbagai bentuk, termasuk teh kantong. Cukup mudah membuat teh hijau untuk menurunkan berat badan, cukup menyeduhnya dengan satu gelas air hangat. Minum teh hijau 20-30 menit sebelum makan.


Baca Juga: Konsumsi 5 Minuman Ini Sebelum Tidur, Berat Badan Turun di Pagi Harinya

5. Bunga Sepatu

Siapa yang tak kenal bunga satu ini. Tak hanya cantik sebagai hiasan di taman, bunga sepatu ternyata juga memiliki manfaat untuk membantu menurunkan berat badan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak bunga sepatu membantu mengurangi obesitas perut, mengurangi risiko perlemakan hati non-alkohol, penumpukan lemak, adipogenesis, dan mengurangi hormon kelaparan, ghrelin dan tekanan darah.

Anda hanya butuh 1 sendok teh bunga sepatu kering, 1 gelas air, dan 1 sendok teh madu. Cukup rebus air dan bunga sepatu kering hingga airnya menyusut. Tambahkan madu saat meminumnya.

 

 


Sumber : Style Craze

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


SINAU

Mengenal Satuan Tugas Banser NU | SINAU

Selasa, 7 Februari 2023 | 16:55 WIB
Close Ads x