Kompas TV olahraga sapa qatar

Fan Argentina di Piala Dunia Qatar 2022 Bakal Nyanyikan Chant Aremania dan Usut Tragedi Kanjuruhan

Kompas.tv - 26 November 2022, 17:49 WIB
fan-argentina-di-piala-dunia-qatar-2022-bakal-nyanyikan-chant-aremania-dan-usut-tragedi-kanjuruhan
Seorang Aremania  saat membentangkan kaos yang bertuliskan desakan untuk dilakukan pengusutan tuntas terhadap tragedi Kanjuruhan di stadion tempat digelarnya laga Piala Dunia Qatar 2022. (Sumber: Akun twitter @arema_98)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Hariyanto Kurniawan

LUSAIL, KOMPAS.TV - Sejumlah fans Argentina disebut bakal menyanyikan chant Aremania, Salam Satu Jiwa, dan ikut menyuarakan gerakan usut tuntas Tragedi Kanjuruhan pada laga Argentina vs Meksiko di Stadion Lusail, Qatar, hari ini Sabtu (26/11/2022) atau Minggu dini hari waktu Indonesia. 

Hal itu diungkapkan Harie Pandiono, Aremania yang sempat bentangkan poster di Piala Dunia 2022, di laga Swiss vs Kamerun dan ditangkap saat beraksi di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Qatar, Kamis (24/11/2022) malam WIB.

Ia pun bertemu dengan sejumlah suporter di Qatar dan menjelaskan tentang aksinya. Bahkan dapat dukungan dari suporter Bara Bravas dari Argentina.

"Kami lagi latihan chant SALAM SATU JIWA dengan Bara Bravas Argentina semoga bisa (harapan saya) ngechant untuk support Aremania. Insyaallah laga malam ini Argentina vs Meksiko," katanya Sabtu (26/11/202) kepada KOMPAS.TV lewat pesan Whatsapp. 

Baca Juga: Bentangkan Poster Tragedi Kanjuruhan di Piala Dunia 2022, Aremania Ditangkap, Dikira Bawa Pesan LGBT  

Ia menuturkan, aksinya kali ini juga tidak sendirian. Melainkan bersama Aremania lain di Qatar dengan harapan dapat dukungan suporter dunia.  

Harie juga mengaku, kini pihak otoritas sudah mengerti pesan dari poster yang ia bawa tentang Tragedi Kanjuruhan. Otoritas setempat disebut sudah memahami pesan yana ia bawa tak terkait dengan pesan LGBT atau sejenisnya yang dilarang. 

"Semoga segera diberi keadilan sesuai dengan tuntutan Aremania. Agar supporter di Indonesia bersatu dan dapat dukungan terus dari supporter dunia," paparnya. 

Ia lantas cerita, pada laga kemarin antara Belanda vs Meksiko Jumat (25/11/2022) mereka juga beraksi tapi tidak boleh masuk lantaran ia membawa poster yang bentuknya besar. 

Aksinya terus diunggah di akun twitter @arema_98 dan mendapatkan banyak dukungan. 

Baca Juga: Cody Gakpo: Senjata Baru Belanda di Piala Dunia Qatar 2022, Diperebutkan Klub Besar Eropa


 

Sebelumnya seperti diberitakan, seorang Aremania, julukan fan Arema FC, bernama Harie Pandiono mengaku sempat ditangkap usai membentangkan poster dan kaos yang menyerukan pengusutan tuntas terhadap tragedi Kanjuruhan di Piala Dunia 2022 Qatar.

Aksi itu dilakukannya pada laga Swiss vs Kamerun yang berlangsung di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Qatar, Kamis (24/11/2022) malam WIB.

Ia ditangkap oleh otoritas setempat karena poster dan kaos dengan tulisan bahasa Indonesia yang ia bentangkan dikira berisi pesan terkait LGBT maupun politik. Hal tersebut dilarang selama Piala Dunia Qatar 2022. 

"Mosok tulisan kaos/banner iki mengandung: LGBT, hate speach, politik, atau rasisme? Statuta FIFA yang mana saya langgar?" katanya lewat akun Twitter @arema_98.

KOMPAS.TV sudah menghubungi Harie dan mendapatkan izin untuk mengutipnya. 

Harie lantas bercerita, ketika di stadion, ia sempat berdebat dengan petugas keamanan pada laga itu.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.