Kompas TV nasional kesehatan

Rebusan Daun Kemangi Bisa Atasi Penyakit Asam Lambung, Begini Resepnya

Kompas.tv - 26 November 2022, 16:46 WIB
rebusan-daun-kemangi-bisa-atasi-penyakit-asam-lambung-begini-resepnya
Rebusan daun kemangi untuk redakan asam lambung (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO, KOMPAS.TV – Daun kemangi dapat dimanfaatkan untuk meredakan sakit asam lambung. Berikut akan dibahas bagaimana cara mengonsumsinya.

Sebagaimana diketahui, penyakit asam lambung tinggi atau gastroesophageal reflux disease (GERD) sendiri termasuk salah satu penyakit yang sering kambuh.

Melansir dari laman Cleveland Clinic, GERD terjadi ketika asam lambung naik yang kemudian memicu nyeri perut dan rasa panas seperti terbakar di dada (heartburn).

Saat GERD kambuh, penderita juga bisa mengalami sensasi perut kembung, begah, mual, susah menelan, sisa makanan rasanya masih tersangkut di tenggorokan.

Umumnya, naiknya asam lambung dipicu oleh sejumlah faktor seperti stres, konsumsi makanan pedas, dan makanan yang mengandung lemak tinggi. 

Asam lambung bisa menyerang siapa saja, tapi Anda bisa meminimalisasi risiko naiknya asam lambung dengan cara menjalankan pola hidup sehat.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan air rebusan daun kemangi.

Baca Juga: Minum Rebusan Daun Salam Dapat Turunkan Gula Darah dan Kolesterol, Begini Cara Membuatnya

Berdasarkan informasi dari buku ‘120 Jus Dahsyat Buah & Sayuran Ampuh Atasi 12 Penyaki’ karya Wied Harry Apriadji, menyebutkan bahwa daun kemangi mengandung vitamin C, kalsium, betakaroten, fosfor, zat besi, apigenin, eugenol, asam amino arginin, dan triptofan, dilansir dari Grid.id.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa daun kemangi mampu mencegah gejala yang timbul akibat adanya luka di lambung.

Untuk itu, daun kemangi dapat menurunkan kadar asam lambung dan meningkatkan pelepasan lapisan lendir yang melindungi dinding lambung.

Adanya Eugenol dalam daun kemangi dapat menjadi anti-inflamasi di saluran pencernaan. Selain itu, daun kemangi juga dapat membantu menyeimbangkan asam di dalam tubuh dan mengembalikan kadar pH tubuh yang tepat.

Resep daun kemangi sebagai obat alami meredakan asam lambung

Sebagai catatan, kemangi efektif membantu menurunkan asam lambung tinggi bila dikonsumsi dengan tepat. Selain dikonsumsi secara langsung, kita bisa meraciknya sebagai air rebusan daun kemangi.

Cara membuatnya:

Sediakan empat lembar sampai lima lembar daun kemangi segar.

Rebus daun kemangi dengan air secukupnya sampai mendidih.

Kita bisa minum air rebusan kemangi selagi hangat.


 



Sumber : grid.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.