Kompas TV olahraga sepak bola

Piala Dunia 2022: Kapten Timnas Ekuador Enner Valencia Pimpin Daftar Top Scorer Sementara

Kompas.tv - 26 November 2022, 13:24 WIB
piala-dunia-2022-kapten-timnas-ekuador-enner-valencia-pimpin-daftar-top-scorer-sementara
Pemain Timnas Ekuador, Enner Valencia, berteriak sambil mengepalkan kedua tangannya setelah mencetak gol keduanya dalam Piala Dunia 2022 dalam laga melawan Qatar di Stadion Al Bayt, Al Khor, Minggu, 20 November 2022. (Sumber: AP Photo/Natacha Pisarenko)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Striker sekaligus kapten Timnas Ekuador, Enner Valencia, memimpin daftar top scorer atau pencetak gol tersubur sementara Piala Dunia 2022 Qatar.

Terbaru, Enner Valencia sukses mencetak satu gol ketika Timnas Ekuador menghadapi Belanda pada matchday kedua Grup A Piala Dunia 2022, Jumat (25/11/2022).

Gol Valencia itu membuat negaranya terhindar dari kekalahan dan berhak atas satu poin setelah menahan imbang Belanda 1-1.

Torehan ke gawang Belanda itu sekaligus mengantar Valencia ke puncak daftar top scorer Piala Dunia 2022 Qatar. Striker berusia 33 tahun itu kini memimpin dengan torehan tiga gol dari dua pertandingan.

Sebelumnya, Enner Valencia memborong seluruh gol kemenangan 2-0 Ekuador atas tuan rumah Qatar pada partai pembuka Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Kisah Enner Valencia: Waktu Kecil Jualan Susu, Kini Jadi Pemain Tersubur di Piala Dunia Qatar 2022


Satu gol ke gawang Belanda juga membuat Valencia mengukir sejarah Piala Dunia. Sejarah itu berkaitan dengan fakta bahwa enam gol terakhir Ekuador di Piala Dunia seluruhnya tercatat atas nama Enner Valencia.

Dikutip dari Squawka, Enner Valencia kini tercatat sebagai pemain pertama dalam sejarah Piala Dunia yang mampu mencetak enam gol berturut-turut untuk negara Amerika Selatan.

Pelatih Ekuador, Gustavo Alfaro, tentu sangat berharap ketajaman Valencia terus berlanjut pada matchday terakhir Grup A Piala Dunia 2022 Qatar. Sebab, Ekuador akan menghadapi juara bertahan Piala Afrika, Senegal.

Timnas Ekuador saat ini menempati peringkat kedua klasemen Grup B dengan koleksi empat poin dari dua laga.

Namun, Timnas Ekuador masih belum aman karena hanya unggul satu angka atas Senegal yang menguntit di urutan ketiga.

Adapun puncak klasemen Grup A Piala Dunia 2022 saat ini ditempati oleh Belanda yang juga mengoleksi empat poin.

Timnas Belanda sedikit di atas angin karena pada matchday terakhir Grup A akan melawan Qatar yang sudah tersingkir.

Daftar Top Scorer Sementara Piala Dunia 2022 Qatar

3 Gol - Enner Valencia (Ekuador)

2 Gol - Richarlison (Brasil), Bukayo Saka (Inggris), Olivier Giroud (Prancis), Mehdi Taremi (Iran), Cody Gakpo (Belanda), Ferran Torres (Spanyol)

Baca Juga: Cody Gakpo: Senjata Baru Belanda di Piala Dunia Qatar 2022, Diperebutkan Klub Besar Eropa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x