Kompas TV nasional peristiwa

Update Terbaru Gempa Cianjur, BNPB: 310 Orang Meninggal Dunia, 24 Belum Ditemukan

Kompas.tv - 26 November 2022, 06:06 WIB
update-terbaru-gempa-cianjur-bnpb-310-orang-meninggal-dunia-24-belum-ditemukan
Proses evakuasi jenazah oleh anggota Basarnas di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat (25/11/2022). (Sumber: ANTARA/Erlangga BP)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan, per Jumat (25/11/2022) malam, jumlah korban gempa Cianjur bertambah menjadi 310 orang. 

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan, 17 korban ditemukan oleh tim gabungan pada Jumat. 

"Jumlah korban meninggal 310 orang, yang masih belum ditemukan 24 orang," kata Suharyanto saat memberikan keterangan pers di Kantor Bupati Cianjur, Jawa Barat, Jumat malam, dikutip dari situs resmi BNPB.

Baca Juga: Gempa Bumi Susulan di Cianjur Masih Terjadi, Guncangannya Terasa sampai Bogor

Dia menambahkan, tim DVI Polri, Basarnas dan Pusat Krisis Kemenkes telah berhasil mengidentifikasi 21 jenazah.

Data itu berasal dari data puskes dan desa, termasuk mendapatkan identitas dari korban jiwa yang sudah dikebumikan keluarga. 

Berdasarkan data tersebut, update terbaru jumlah korban meninggal dunia akibat gempa dengan magnitudo 5,6 yang mengguncang Kabupaten Cianjur dan sekitarnya pada Senin (21/11/2022) lalu, mencapai 310 jiwa.

Terkait target pencarian korban hilang, Suharyanto menegaskan pihaknya akan mencari sampai orang yang terdata hilang berhasil ditemukan.

"Sampai orang terakhir, tidak ada penurunan semangat, kekuatan, sarana prasarana, karena keselamatan rakyat untuk hukum tertinggi," pungkasnya.


Baca Juga: Wagub Jabar Minta agar Tak Kirim Bantuan Langsung Konvoi Mobil ke Korban Gempa Cianjur karena Macet

Terkait jumlah infrastruktur fasilitas publik yang rusak akibat gempa Cianjur, sampai saat ini masih sama, yakni 363 sekolah dan 144 tempat ibadah. 

"Adapun kerusakan infrastruktur tidak begitu banyak berubah, tercatat penambahan di 363 sekolah, 144 tempat ibadah," tambahnya. 


 



Sumber : Kompas TV/BNPB

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.