Kompas TV nasional peristiwa

BMKG: Ada 248 Gempa Susulan yang Terjadi di Cianjur pada Senin hingga Jumat Pekan Ini

Kompas.tv - 26 November 2022, 05:55 WIB
bmkg-ada-248-gempa-susulan-yang-terjadi-di-cianjur-pada-senin-hingga-jumat-pekan-ini
Ilustrasi bentangan Sesar Cimandiri yang diduga menjadi pemicu gempa Cianjur yang terjadi pada Senin (21/11/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat sebanyak 248 gempa susulan terjadi di Cianjur, Jawa Barat sejak gempa bumi utama pada Senin (21/11/2022) hingga Jumat (25/11/2022).

Deputi Bidang Geofisika BMKG Suko Prayitno Adi menjelaskan data yang didapat hingga pukul 17.00 WIB, Jumat, terdapat 248 gempa susulan di Cianjur. 

Menurut Suko, gempa susulan terbesar dengan magnitudo 4,2 dan terkecil 1,2. Sedangkan gempa pertama pada Senin memiliki magnitudo 5,6.

Meski gempa susulan masih terjadi, Prayitno menyatakan kekuatannya terus menurun. Namun, ia mengimbau agar warga tetap waspada terhadap bangunan yang sudah tidak layak huni. 

Baca Juga: Kisah Pengungsi Gempa Berjuang Dapatkan Bantuan Hingga Bertahan di Cuaca Ekstrem

"Alhamdulillah (gempa susulan) terus menurun walaupun satu dua kali dirasakan gempa tapi tidak membahayakan. Kalau rumah-rumah sudah tidak layak huni sebaiknya juga harus keluar dari rumah," ujar Suko dalam konferensi pers secara daring, Jumat.

Lebih lanjut, Suko mengimbau masyarakat agar tetap tenang meski hujan di wilayah Cianjur dan sekitarnya terus mengguyur. 

BMKG memprediksi, hujan akan mengguyur Cianjur hingga Sabtu (26/11/2022).

"Kondisi cuaca kita sampai besok pun masih seperti ini mohon dapat perhatian kita," ujar Suko.

Baca Juga: Kisah Ayah Temukan Anaknya Selamat Setelah 3 Hari Tertimbun Reruntuhan Gempa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.