Kompas TV nasional peristiwa

Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono Dapat Gelar Penguasa Laut Terbesar dari Kesultanan Ternate

Kompas.tv - 25 November 2022, 23:05 WIB
calon-panglima-tni-laksamana-yudo-margono-dapat-gelar-penguasa-laut-terbesar-dari-kesultanan-ternate
Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono melewati Batalyon Intai Amfibi Marinir saat mengecek pasukan dalam Apel Gelar Kesiapan Pasukan dan Alutsista Pengamanan Laut KTT G20 di Dermaga Koarmada II, Kota Surabaya, Jawa Timur, Jumat (4/11/2022). (Sumber: KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Calon Panglima TNI sekaligus KSAL Laksamana TNI Yudo Margono mendapat gelar kehormatan "Sangaji Ori Ma Ahi Malamo" dari Kesultanan Ternate Sultan Hidyatullah Sjah.

Gelar tersebut diberikan langsung kepada Laksamana TNI Yudo Margono di Ruang Foris Lamo Kadaton Sultan Ternate, Maluku Utara, Jumat (25/11/2022), sebagaimana dikutip dari Antara.

Untuk diketahui gelar "Sangaji Ori Ma Ahi Malamo" diberikan kepada warga kehormatan Kesultanan Ternate yang memiliki makna sebagai "Penguasa Laut Terbesar".

Laksamana TNI Yudo Margono, dianggap Kesultanan Ternate telah mampu menunjukkan kepemimpinannya di matra AL dalam menjaga kedaulatan, keamanan, dan ketenteraman laut Indonesia.

Baca Juga: Zafar, Satpam Kompleks Duren Tiga Dilarang 2 Polisi Lapor ke Ketua RT saat DVR CCTV Diganti

“Suatu kehormatan bagi saya yang telah diberi gelar kehormatan Kesultanan Ternate dengan nama 'Sangaji Ori Ma Ahi Malamo',” ucap Laksamana TNI Yudo Margono.

“Tentunya ini bukan hal yang ringan untuk diberikan kepada saya karena gelar ini memberikan konsekuensi yang harus saya laksanakan.”


 

Dalam kesempatan tersebut, Laksamana TNI Yudo Margono pun mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Sultan Ternate dan Keluarga Besar Kesultanan Ternate.

“Tentunya mulai hari ini, kami semuanya telah menjadi keluarga besar Kesultanan Ternate, sebagai keluarga tentu memiliki tanggung jawab moral kepada Kesultanan Ternate,” ujar Laksamana TNI Yudo Margono.

Sementara itu, Sultan Ternate Hidyatullah Sjah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Laksamana TNI Yudo Margono.

Baca Juga: Hakim Jengkel dengan Kualitas Pertanyaan Pengacara Arif Rachman ke Satpam, Jaksa Beri Respons Senyum

Pasalnya, Laksamana TNI Yudo Margono telah berkenan dikukuhkan dengan gelar kehormatan adat Kesultanan Ternate selaku "Sangaji Ori Ma Ahi Malamo".

Ditambah, Laksamana TNI Yudo Margono juga memberikan bantuan kepada masyarakat Ternate.

“Saya berharap semoga dengan gelar ini Laksamana Yudo diberikan kekuatan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Tuhan Yang Maha Kuasa dalam mengemban segala tugas, amanah dalam menjaga kedaulatan bangsa, dan negara di wilayah maritim,” ujarnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.