Kompas TV nasional politik

Wakil Wali Kota Medan Dicopot dari Jabatan Sekretaris DPD, Gerindra Bantah karena Foto Bareng Anies

Kompas.tv - 26 November 2022, 02:05 WIB
wakil-wali-kota-medan-dicopot-dari-jabatan-sekretaris-dpd-gerindra-bantah-karena-foto-bareng-anies
Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman (kanan) bersama Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution saat debat publik perdana di Hotel Grand Mercure Kota Medan, Sabtu (07/11/2020). (Sumber: KOMPAS.COM/MEI LEANDHA ROSYANTI)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pencopotan Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman dari posisi Sekretaris DPD Partai Gerindra Sumatera Utara tak berkaitan dengan foto barengnya dengan bakal capres Partai Nasdem Anies Baswedan, beberapa waktu lalu. 

Menurut dia, pergantian pengurus di daerah merupakan hal lumrah dalam internal partai. 

Baca Juga: Wakil Wali Kota Medan Dipanggil Majelis Kehormatan Partai Gerindra Usai Foto Bareng Anies

"Jadi gini, revitalisasi atau pergantian pengurus di Gerindra itu adalah hal yang lumrah dan biasa," kata Dasco di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (25/11/2022).

Selain itu, kata Dasco, DPP Partai Gerindra telah meminta klarifikasi kepada Aulia mengenai foto tersebut. Namun, itu tak ada sangkut pautnya dengan penggantian kepengurusan. 

"Ya kami kan minta klarifikasi itu kan karena viral, karena juga kemudian dari para pengurus menanyakan. Ya kami hanya klarifikasi, mengapa, bagaimana," tuturnya.

"Iya ini kan revitalisasi enggak hanya Sumut, lho. Saya juga bingung kenapa yang diangkat Sumut. Karena bulan Januari (2023), kami ada rencana pelantikan bersama, ada sekitar tujuh ketua DPD baru diberikan amanah untuk menjadi panglima di daerah masing-masing," ujarnya. 

Wakil Ketua DPR itu menjelaskan, pergantian struktur di DPD Gerindra Sumatera Utara itu telah direncanakan sejak Oktober 2022. Hal tersebut berdasarkan parameter perhitungan kebutuhan partai yang telah terukur.

"SK-nya kalau saya tidak salah tanggalnya 15 atau 30 Oktober (2022). Kalau dikaitkan dengan hal lain (foto Aulia dengan Anies), saya rasa tidak demikian ya, karena kami dalam revitalisasi punya tolak ukur dan parameter yang jelas," kata Dasco.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman sempat berfoto bareng dengan Anies Baswedan yang telah dideklarasikan Nasdem sebagai bakal capres di Pilpres 2024.

Anies Baswedan datang ke Medan untuk menemui relawannya. Sedangkan Aulia Rachman merupakan Sekretaris DPD Gerindra Sumatera Utara.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.