Kompas TV regional berita daerah

Meski Terkendala Masalah, Revitalisasi Danau Limboto Terus Dioptimalkan

Kompas.tv - 25 November 2022, 17:31 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO, KOMPAS TV - Revitalisasi Danau Limboto dalam masa periode kontrak 2020 – 2023 hingga kini terus dioptimalkan Balai Wilayah Sungai II Gorontalo. Meski diperhadapkan sejumlah persoalan, pengerjaan terus dilakukan, termasuk menyelesaikan Kanal Tapodu dan pelebaran sungai sebagai saluran di bagian hilir danau.

Rahman Haluti bilang, Balai Wilayah Sungai Sulawesi II Gorontalo, telah maksimal melaksanakan pengerjaan dilapangan namun akibat kendala yang , pembangunan sedikit mengalami kesulitan.

Kendala yang dinilai begitu menghambat Ravitalisasi Danau , pembebasan lahan yang kini belum terselesaikan oleh Pemerintah Daerah dan Badan Pertanahan.

Menurut PPK Danau Situ dan Embung Satker Bendungan Balai Wilayah Sungai, lahan yang  harus dibebaskan saat ini ada sekitar 13 hektar lebih yang terdiri dari seratus 19 bidang.

Diharapkan, Pemerintah Daerah secepatnya menyelesaikan persolaan tahan diakhir tahun 2022, agar pembangunan Revitalisasi Danau Limboto bisa dipercepat hingga tahun 2023.

Dari progres pengerjaan hingga kini, revitalisasi danau limboto hingga saat ini telah mencapai 58 persen.

Proyek pembangunan revitalisasi Danau Limboto dilakukan dengan tujuan, untuk mengembalikan daya tampung danau, mengurangi titik genangan, serta membuka akses antar desa di lingkar tambang yang berimbas pada peningkatan ekonomi warga.

Baca Juga: Polemik Kasus Batu Hitam yang Menyeret Kapolres Bone Bolango Diselidiki

Tak hanya itu, Revitalisasi Danau Limboto juga kedepan akan menjadikan Danau Limboto sebagai spot wisata yang juga akan memberikan dampak peningkatan ekonomi kepada warga lingkar danau.

 

#revitalisasi

#danaulimboto

#balaisungai

#gorontalo

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x