Kompas TV nasional gaya hidup

Bolehkah Minum Kopi selepas Bangun Tidur? Ketahui Waktu yang Tepat Menikmati Kopi

Kompas.tv - 26 November 2022, 06:05 WIB
bolehkah-minum-kopi-selepas-bangun-tidur-ketahui-waktu-yang-tepat-menikmati-kopi
Ilustrasi - Waktu yang tepat menikmati secangkir kopi. (Sumber: Dok. Jovee)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Vyara Lestari

SOLO, KOMPAS.TV – Para ahli memperingatkan bahwa kopi tidak boleh dikonsumsi pagi hari saat baru bangun tidur. Pasalnya, kopi akan meningkatkan kadar kortisol dengan sangat cepat dan tubuh membutuhkan waktu lama untuk kembali ke keadaan normal.

Hormon kortisol ini berperan dalam meningkatkan kewaspadaan dan fokus kita. Ia juga mengatur metabolisme, respons sistem kekebalan, dan tekanan darah.

Merangkum dari laman Healthline dan Medicoverhospitals, hormon stres kortisol ini berada pada puncaknya saat bangun tidur pagi hari. Minum kopi saat kadar kortisol mencapai puncaknya dapat semakin meningkatkan kadar hormon ini.

Peningkatan kadar kortisol dalam waktu lama dapat merusak sistem kekebalan Anda dan menyebabkan masalah kesehatan seperti gelisah, tremor, dan mood yang memburuk.

Terkait ini, belum ada penelitian jangka panjang tentang implikasi kesehatan dari peningkatan kortisol dari minum kopi. Selain itu, peningkatan kortisol yang diinduksi kafein cenderung berkurang pada orang yang rutin mengonsumsi kafein

Namun, apabila Anda menunggu asupan kopi beberapa jam setelah bangun tidur, kemungkinan malah akan mendapat lebih banyak energi.

Baca Juga: Kata Dokter soal Kebiasaan Minum Kopi Sachet: Takaran dan Efek Sampingnya

Lantas, kapan waktu terbaik mengonsumsi kopi?

Melansir dari Dailymail, Anda bisa mendapatkan manfaat dari kafein di pagi hari jika meminumnya satu atau dua jam selepas terbangun dari tidur.

Sekitar pukul 9 hingga 11 pagi, hormon kortisol biasanya akan berada di level terendah, sehingga Anda aman untuk menyeduh kopi.

Kafein yang masuk tak akan membuat gelisah, namun justru akan meningkatkan fokus dengan maksimal.

Waktu terbaik minum kopi

Selain di pukul 9-11 pagi, ada beberapa waktu terbaik minum kopi lain yang bisa membuat Anda mendapatkan manfaat kafein secara maksimal dan aman, yaitu:

  • 30 menit sebelum berolahraga

Kafein bisa mendongkrak adrenalin dan menaikkan suhu tubuh. Kedua hal itu bisa membuat stamina tubuh lebih prima ketika berolahraga.

Efek ini baru akan terasa 30 menit hingga satu jam selepas minum kopi.

  • Selama rapat

Jangan minum kopi sebelum rapat dimulai, karena akan meningkatkan gelisah dan gugup.

Sesaplah kopi selama rapat berlangsung, hal ini bisa membuat konsentrasi Anda meningkat.

  • Enam jam sebelum waktu tidur

Jika ingin minum kopi di sore hari, sebaiknya dilakukan 6 jam sebelum waktu tidur. Kurang dari itu, maka kafein bisa melumpuhkan hormon tidur dan membuat Anda susah terpejam.

Pada akhirnya akan mengganggu jam tidur Anda. Jika tubuh Anda kebanyakan kafein dan memicu gelisah serta tremor, Anda bisa menurunkan efeknya dengan banyak minum air putih.


 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


VOD

SPT PPh Badan | Zona Inspirasi

24 April 2024, 22:52 WIB

Close Ads x