Kompas TV olahraga sapa qatar

Piala Dunia 2022: Ini Alasan Suporter Timnas Jepang Bersih-Bersih Stadion

Kompas.tv - 25 November 2022, 17:08 WIB
piala-dunia-2022-ini-alasan-suporter-timnas-jepang-bersih-bersih-stadion
Para suporter Timnas Jepang saat menunggu dimulainya laga grup E Piala Dunia 2022 antara Jerman dan Jepang di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar, Rabu, 23 November 2022. (Sumber: AP Photo/Ebrahim Noroozi)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

 

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Salah satu momen viral di Piala Dunia 2022 adalah aktivitas bersih-bersih stadion yang dilakukan para suporter Timnas Jepang setelah pertandingan selesai.

Para pendukung Timnas Jepang terlihat membersihkan Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar setelah kemenangan mereka atas Jerman pada Rabu (23/11/2022) waktu setempat.

Blue Samurai, julukan fan Timnas Jepang, membagikan ratusan kantong sampah dan membersihkan sampah selama dan setelah pertandingan.

Dilansir SBS News, Kamis (24/11), bersih-bersih itu adalah bagian dari tradisi yang dimulai oleh Blue Samurai di Piala Dunia 2018 di Rusia.

Saat itu, para suporter Jepang membersihkan stadion setelah kalah 3-2 melawan Belgia di babak 16 besar.

Takao Teramoto, seorang pemain dan pelatih sepak bola Jepang yang tinggal di Australia, mengatakan kepada SBS News bahwa "orang-orang Jepang sangat sopan," dan tindakan para penggemar mewakili budaya Jepang yang digerakkan oleh rasa hormat.

"Kami akan bersikap sama apakah kami menang atau kalah dalam pertandingan melawan Jerman ini," katanya kepada SBS News.

Dia mengatakan, orang Jepang belajar pentingnya kesopanan sejak usia dini.

Suporter Jepang yang langsung bersih-bersih stadion setelah laga Timnas Jepang vs Timnas Jerman di Grup E Piala Dunia 2022 (Sumber: Twitter/sportbible)

 

Baca Juga: Belanda vs Ekuador di Piala Dunia 2022: Van Gaal Buka Peluang Turunkan Memphis Depay dari Awal Laga




Sumber : Kompas TV/SBS News

BERITA LAINNYA



Close Ads x