Kompas TV nasional politik

Prabowo Tanggapi Kabar KSAL Yudo Margono Dicalonkan Jadi Panglima TNI: Jika Terpilih, Beliau Mampu

Kompas.tv - 25 November 2022, 16:48 WIB
prabowo-tanggapi-kabar-ksal-yudo-margono-dicalonkan-jadi-panglima-tni-jika-terpilih-beliau-mampu
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menjadi narasumber dalam Rembug Nasional dan Rapat Pengurus Pusat Pleno (ERPPP) ke-1 Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) di Nusa Dua, Bali, Sabtu (2/7/2022). (Sumber: Tim Media Prabowo Subianto)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengomentari kabar yang menyebutkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menjadi calon panglima TNI. 

Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra ini menilai Yudo mampu mengemban jabatan panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa, jika terpilih.

"Saya kira jelas beliau mampu (emban jabatan Panglima TNI) kalau dipilih ya, saya kira mampu, semuanya baik-baik semua," kata Prabowo, Jumat (25/11/2022), dikutip dari Kompas.com. 

Adapun Andika Perkasa akan memasuki masa purnatugas pada 21 Desember 2024 mendatang.

Meski demikian, Prabowo meyakini siapa pun yang dipilih Presiden dan DPR, merupakan sosok yang terbaik untuk menggantikan Andika.

Sebelumnya juga diberitakan KOMPAS.TV, Presiden Jokowi telah menunjuk KSAL Laksamana TNI Yudo Margono menjadi calon panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa.


Baca Juga: Pengamat Militer Sebut Jokowi Mengacu pada Dudung Abdurachman dan Yudo Margono jadi Panglima TNI

Hal ini pun dibenarkan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno. 

"Pak Yudo,” ujarnya seperti dikutip dari Kompas.id.

Sementara itu, Laksamana TNI Yudo Margono tak mau berandai-andai jika dirinya yang ditunjuk Presiden Jokowi untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon panglima TNI di DPR.

Diketahui, penyerahan surat presiden (surpres) pergantian panglima TNI akan diserahkan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) ke DPR pada 28 November 2022. 

Terkait hal ini, Yudo menyebut tidak mengetahui siapa nama yang tertulis di supres tersebut.

"Kita tunggu saja, masih diajukan kemarin, katanya diajukan kata Mensesneg, kita tunggu saja tahap berikutnya," ujar Yudo, Kamis (24/11).

Meski demikian, Yudo mengaku tetap mempersiapkan diri dalam menghadapi uji kelayakan dan kepatutan calon panglima TNI di DPR.

Baca Juga: Jokowi Tunjuk KSAL Yudo Margono Menjadi Calon Panglima TNI Gantikan Jenderal Andika Perkasa



Sumber : Kompas TV/Kompas.com/Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x