Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Terungkap! Penasihat Militer Iran yang Bantu Rusia di Perang Ukraina Tewas di Krimea

Kompas.tv - 25 November 2022, 16:53 WIB
terungkap-penasihat-militer-iran-yang-bantu-rusia-di-perang-ukraina-tewas-di-krimea
Drone tempur buatan Iran. Kepala keamanan Rusia dan Iran hari Rabu (9/11/2022) bertemu di Teheran, membahas situasi di Ukraina dan langkah-langkah untuk memerangi campur tangan Barat dalam urusan internal mereka. (Sumber: Straits Times)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Vyara Lestari

KIEV, KOMPAS.TV - Pejabat Ukraina mengungkapkan bahwa penasihat militer Iran yang bantu Rusia di perang Ukraina telah tewas.

Sekretaris Keamanan Nasional dan Dewan Pertahanan Ukraina, Oleksiy Danilov mengungkapkan, penasihat militer Iran itu tewas di Krimea.

Ia juga menegaskan bahwa warga Iran di wilayah Ukraina yang diduduki Rusia dan membantu Moskow akan menjadi target serangan berkutnya.

Danilov mengatakan, penasihat militer Iran itu berada di Krimea untuk membantu Rusia mengemudikan drone bersenjata Shahed-136 yang dipasok Pemerintah Teheran.

Baca Juga: Teka-Teki Putri Kim Jong-Un, Sosok yang Diduga Anak Sang Penguasa Dihapus dari Video Propaganda

“Anda seharusnya tak berada di tempat yang bukan wewenang Anda. Mereka ada di wilayah kami,” kata Danilov dikutip dari Express.

“Kami tak mengundang mereka, dan jika mereka berkolaborasi dengan teroris dan berpartisipasi pada penghancuran negara kami, kami harus membunuh mereka,” tambahnya.

Berdasarkan laporan yang dipublikasikan oleh media Israel pada Oktober, sepuluh orang telah terbunuh karena serangan militer Ukraina di Krimea.

Danilov pun dengan tegas menyatakan, kehadiran militer Iran akan menjadi mereka target serangan Ukraina.

Baca Juga: Pengakuan Marinir Rusia untuk Bertahan Hidup, Desersi dari Garis Depan di Ukraina

“Iran bersikeras mereka tidak memasok senjata ke Federasi Rusia, tetapi kami membutuhkan konfirmasi. Apakah kami mendapat konfirmasi hingga hari ini? Kami tidak mendapatkannya,” katanya.

“Kami menyadari bahwa benda ini (drone) tak terbang tanpa seseorang mempelajari cara mengoperasikan mereka, dan Rusia tak memiliki otak untuk menemukan caranya sendiri,” lanjut Danilov.

Ia pun menegaskan bahwa di dunia modern, tak ada yang bisa disembunyikan, dan hanya masalah waktu hingga semua terbuka ke publik.

Danilov juga mengatakan, saat ini masih belum jelas apakah Iran juga memasok rudal ke Rusia.


 

 



Sumber : Express


BERITA LAINNYA



Close Ads x