Kompas TV internasional kompas dunia

Teka-Teki Putri Kim Jong-Un, Sosok yang Diduga Anak Sang Penguasa Dihapus dari Video Propaganda

Kompas.tv - 25 November 2022, 15:35 WIB
teka-teki-putri-kim-jong-un-sosok-yang-diduga-anak-sang-penguasa-dihapus-dari-video-propaganda
Gambar anak perempuan yang diduga sebagai putri Kim Jong-un, dihapus dari video propaganda Korea Utara yang pernah ditayangkan pada Sabtu (19/11/2022). (Sumber: KCTV Via NK News)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Edy A. Putra

PYONGYANG, KOMPAS.TV - Teka-teki soal putri penguasa Korea Utara, Kim Jong-un, kembali muncul di permukaan.

Sebelumnya foto seorang anak perempuan yang diduga sebagai putri Kim Jong-un sempat beredar di publik. Dalam foto itu, sang pemimpin Korea Utara terlihat tengah menggandeng seorang anak perempuan.

Kantor berita Korea Utara, KCNA, merilis sebuah foto yang memperlihatkan Kim Jong-un bersama anak yang diduga putrinya itu, pekan lalu.

KCNA mengungkapkan putri sang diktator menemaninya saat menyaksikan uji coba penembakan rudal.

Baca Juga: Adik Kim Jong-Un Hina AS Anjing Penakut, Gara-gara Kritik Uji Coba Rudal Korea Utara ke PBB

Sekitar dua bulan lalu, TV Korea Utara (KCTV) sebenarnya telah memperlihatkan sosok yang diklaim sebagai putri Kim Jong-un dalam sebuah video propaganda.

Namun, sosok anak perempuan dalam video tersebut berbeda dengan anak perempuan yang digandeng Kim Jong-un saat menyaksikan uji coba rudal.

Dikutip dari NK News, KCTV telah menghapus gambar jarak dekat wajah sosok yang diklaim sebagai putri Kim Jong-un dari video propaganda tersebut.

Berdasarkan analisis NK News, penghapusan itu dilakukan saat penayangan video propaganda tersebut pada Sabtu (19/11/2022), setelah Kim dan anak perempuan yang diduga putrinya menonton peluncuran rudal.

KCTV tampaknya menganggap liputan mengenai gadis itu bersifat sensitif.

Apalagi ada indikasi bahwa anak perempuan di video propaganda itu terhubung dengan keluarga Kim Jong-un atau seseorang yang dekat dengan tampuk kepemimpinan negara tersebut.

Sebuah peneliti China dari blog IN DPRK, yang pertama mengungkapkan bukti dari kemunculan khusus gadis yang diklaim sebagai putri Kim Jong-un itu pada September lalu.


Baca Juga: Diancam Serangan Turki, Militan Kurdi Peringatkan bakal Terpaksa Tak Jaga Kamp Tahanan ISIS



Sumber : NK News

BERITA LAINNYA



Close Ads x