Kompas TV video vod

Pertemuan Pejabat Tinggi 4 Negara Anggota BIMP-EAGA, Bahas Integrasi Konektivitas Negara Anggota

Kompas.tv - 25 November 2022, 14:48 WIB
Penulis : Shinta Milenia

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Delegasi 4 negara ikuti pertemuan Senior Official setingkat Eselon I dalam Forum Kerjasama Ekonomi Sub Regional Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Philipines East Asean Growth Area atau BIMP-EAGA ke-25 di Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Pertemuan ini diikuti 96 orang peserta delegasi dari keempat negara.

Isu integrasi konektivitas antar wilayah di kawasan negara-negara anggota BIMP-EAGA masih menjadi salah satu topik utama yang dibahas dalam pertemuan ini, baik itu agrikultur, transportasi, informasi dan teknologi komunikasi atau ICT, social education, pariwisata dan kelompok kerja untuk kepemudaan dan olahraga.

Hasil pertemuan ini nantinya akan disusun sebagai rekomendasi yang akan disampaikan pada Pertemuan Tingkat Menteri 4 negara.

Baca Juga: Peringati Hari Kesehattan Nasional, Pemda Koltim Gelar Sunatan Massal Hingga Kegiatan Perlombaan

Sehingga isu hasil pertemuan ini bisa menjadi salah satu bagian Program Sekretariat ASEAN.

Pertemuan ini juga diikuti kelompok Bisnis Sub kawasan BIMP-EAGA Business Council atau BEBC, Bank Pembangunan Asia dan Sekretariat ASEAN.

Pada pertemuan ini, beberapa masukan juga turut diterima oleh delegasi Indonesia dari delegasi ketiga negara, diantaranya terkait transisi energy, digitalisasi, serta pengembangan UMKM Indonesia. 

BIMB- EAGA ini diharapkan bisa mempererat hubungan negara anggota, baik dalam rangka mengantisipasi persoalan ketahanan pangan, transisi energy, digitalisasi dan memastikan proses pemulihan pandemi Covid 19.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x