Kompas TV nasional rumah pemilu

Pengamat: Andika Perkasa akan Masuk ke Politik dan Layak Jadi Cawapres Ganjar atau Anies

Kompas.tv - 25 November 2022, 14:29 WIB
pengamat-andika-perkasa-akan-masuk-ke-politik-dan-layak-jadi-cawapres-ganjar-atau-anies
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengungkapkan ada tiga anggotanya yang diperiksa sebagai saksi atas kasus pembunuhan ASN Pemkot Semarang Iwan Boedi, Rabu (12/10) di UGM. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan memasuki masa purnatugas pada 21 Desember 2022 mendatang.  

Sejumlah pihak meramal kalau mantan KSAD itu akan terjun ke dunia politik dan bakal meramaikan gelaran Pilpres 2024. 

Baca Juga: Cerita Andika Perkasa di Balik Persiapan Pengamanan KTT G20

Menurut Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago elektabilitas dari Andika Perkasa memang masuk salah satu yang diperhitungkan dari hasil sejumlah lembaga survei. 

Bahkan, bila dia nanti ditarik menjadi menteri, bukan tidak mungkin elektabilitasnya bisa mengeser nama bakal cawapres seperti Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, Sandiaga Uno, Khofifah Indar Parawansa dan Ridwan Kamil. 

"Saya melihat beliau layak menjadi cawapres apakah Ganjar maupun cawapres Anies. Karena beliau termasuk yang terpotret bagus di hasil temuan Voxpol cawapres ideal," kata Pangi kepada KOMPAS.TV, Jumat (25/11/2022). 

Ia menyebut, panggung sebagai menteri nanti bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan magnet elektoralnya. Terlebih, bila kinerjanya bagus, otomatis elektabilitas menjadi bonus dari ikhtiar kinerjanya.

"Panglima TNI saya cermati mereka punya bakat politik. Bahkan beliau pernah masuk nominasi bakal capres dari Nasdem, itu artinya beliau punya kans untuk menjadi capres maupun cawapres, berpeluang menjadi kuda hitam yang dipersiapkan Jokowi," ujarnya. 


 

Hal senada dikatakan, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno. Ia mengatakan, sejak lama Andika dikaitkan dengan Pemilu 2024, bahkan sejak duduk sebagai KSAD. 

"Andika juga punya modal politik memadai. Mantan panglima TNI dan sudah dikenal luas publik. Modal besar untuk ke politik," ujarnya. 

Selain itu, mungkin juga Andika tak langsung terjun ke politik tapi terus bekerja dan mengabdi ke negara dengan cara lain. Misalnya dengan membina rakyat secara langsung, kerja-kerja pembedayaan, dan lainnya. 

Baca Juga: Jokowi Tunjuk KSAL Yudo Margono Menjadi Calon Panglima TNI Gantikan Jenderal Andika Perkasa

"Tapi, Andika sepertinya lebih condong terjun ke politik karena sudah punya modal politik dan ada partai yang tertarik mengusung seperti Nasdem," ujarnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.