Kompas TV internasional kompas dunia

Kolonel Garda Revolusi Iran Tewas Terbunuh karena Serangan Bom, Israel Dituduh Bersalah

Kompas.tv - 25 November 2022, 08:53 WIB
kolonel-garda-revolusi-iran-tewas-terbunuh-karena-serangan-bom-israel-dituduh-bersalah
Ilustrasi bendera Iran. Seorang kolonel Garda Revolusi Iran dilaporkan tewas terbunuh karena serangan bom dan menuduh Israel sebagai pihak yang bersalah. (Sumber: Vahid Salemi/AP)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Desy Afrianti

TEHERAN, KOMPAS.TV - Seorang kolonel Garda Revolusi Iran dilaporkan tewas terbunuh karena serangan bom di Damaskus, Suriah.

Kolonel Davoud Javari dari departemen luar angkasa Garda Revolusi Iran tewas terbunuh pada serangan itu, dan Israel dituduh bersalah atas serangan itu.

Hubungan Iran dan Israel memang selalu dalam tensi tinggi, di mana Iran selalu menyerukan kehancuran negara zionis tersebut.

Sebaliknya, Israel melihat Iran sebagai ancaman terbesar dengan program rudal balistik dan nuklirya, serta proksi regional mereka.

Baca Juga: DPR Rusia Setujui RUU Anti LGBT, Pelanggar Tak Dipenjara tapi Bisa Didenda hingga Rp500 juta

“Col Davoud Jafari, salah satu penasihat militer Iran di Suriah dan anggota persenjataan luar angkasa garda, telah terbunuh dengan bom yang ditanam di pinggir jalan,” bunyi laporan kantor berita Tasnim dikutip dari The Guardian.

Tasnim mengungkapkan Jafar tewas terbunuh pada Senin (21/11/2022), oleh pihak yang terkait dengan rezim zionis, atau Israel, negara yang oleh Iran kerap dikaitkan dengan serangan perang bayangan, pembunuhan dan aksi sabotase selama bertahun-tahun.

Mereka menegaskan kejahatan rezim Zionis akan menerima respons yang memadai atas kejahatan ini.

Teheran menuduh Israel melakukan sejumlah pembunuhan, termasuk ilmuwan yang terlibat dalam apa yang Iran tegaskan sebagai program nuklir perdamaian.

Angkatan Udara Israel dilaporkan menghancurkan apa yang mereka sebut sebagai pabrik pembuatan drone yang berlokasi di wilayah Suriah pada 24 Oktober.

Otoritas Suriah sendiri belum mengonfirmasi tentang pembunuhan Jafari.

Baca Juga: Iran Kembali Perkaya Uranium hingga 60%, Semakin Dekati Level Senjata Nuklir

Pengamat Hak Asasi Manusia Suriah, kelompok pengawas yang berbasis di Inggris berdasarkan sumber Suriah, melaporkan Jafari terbunuh bersama pengawalnya asal Suriah saat bom meledak dan mengenai kendaraan mereka.

Serangan terjadi di dekat Sayyidah Zaynab, kota yang berada di selatan Damaskus, yang merupakan tempat pemujaan Muslim Syiah, dan rumah bagi banyak warga Iran.

Jafari merupakan pejabat tertinggi Garda Revolusi Iran yang terbunuh di Suriah sejak 23 Agustus, ketika Teheran mengumumkan kematian martir dari Jenderal Abolfazl Alijani, Komandan Pasukan Angkatan  Darat yang tengah melakukan misi di Suriah.

Departemen Luar Angkasa Garda Revolusi Iran tempat Jafari berada menghasilkan drone, rudal dan satelit Iran.



Sumber : The Guardian

BERITA LAINNYA



Close Ads x