Kompas TV regional berita daerah

Budidaya Kucing Ras Harga Puluhan Juta

Kompas.tv - 25 November 2022, 08:10 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MALANG, KOMPAS.TV - Berawal dari kecintaannya pada kucing, seorang pemuda di Malang, Jawa Timur, sukses mengembangbiakan binatang lucu ini. Bukan kucing biasa, namun kucing ras yang harganya cukup fantastis hingga puluhan juta rupiah.

Febrian Permana Putra, seorang pemuda di Malang, Jawa Timur dengan kesibukannya merawat belasan kucing. Di rumahnya kawasan Sawojajar, Febrian memberikan ruang tersendiri pada kucing piaraannya. Berawal dari kecintaan dan hobi memelihara kucing, Febrian pun mulai serius untuk mengembangbiakkannya. 

Febrian bercerita, awalnya dirinya mengembangbiakkan kucing jenis Persia dan ras yang biasa ditemui. Namun seiring berjalannya waktu, Febrian mulai melirik kucing ras Eropa dan Amerika. Scotish Fold, British Shorthair, hingga Minskin adalah beberapa jenis kucing ras yang dikembangkan oleh Febri. Harga kucing ras ini cukup fantastis, mulai dari 25 hingga 30 juta rupiah, bahkan untuk indukan harganya bisa mencapai 55 juta rupiah.

Merawat kucing ras ini tidaklah mudah, diperlukan ketelatenan dan kesabaran. Kebersihan kandang, vitamin dan vaksin adalah hal wajib yang diberikan pada kucing ini. Terlebih saat musim hujan, kucing memerlukan perhatian lebih agar kucing tidak gampang terserang penyakit.mengeluarkannya dari kandang dan mengajak mereka bermain menjadi rutinitas, hal ini dilakukan agar kucing tidak stres, karena jika kucing stres akan berpengaruh pada kesehatan. Saat ini Febrian memiliki 15 indukan kucing yang aktif. 

Dengan perawatan yang tepat, satu indukan kucing bisa beranak dua kali dalam setahun dengan masa kehamilan 60 sampai 67 hari. Untuk satu indukan bisa melahirkan hingga lima ekor anak kucing.kucing hasil budidaya Febrian banyak diadopsi oleh para pecinta kucing di beberapa kota dan pulau Indonesia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x