Kompas TV regional berita daerah

Guru Diajak Melek Teknologi Jadi Youtuber

Kompas.tv - 25 November 2022, 08:08 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MALANG, KOMPAS.TV - Transformasi digital yang terus bergerak cepat membutuhkan penyesuaian. Tak terkecuali untuk tenaga pengajar, di Malang, Jawa Timur. Guru pun diajak melek teknologi dengan menjadi konten kreator dalam menyampaikan materi pembelajaran.

Sebanyak 30 guru dari Malang Raya mengikuti pelatihan menjadi konten kreator,oleh Beon Intermedia dengan pembicara guru youtuber yakni Amiroh, yang memiliki 3.900 subscriber di youtube. Guru bidang keahliah teknik komputer jaringan SMKN 3 Jombang.

Dalam pelatihan, Amiroh membagikan tips menjadi guru youtuber. Tenaga pengajar diajak menjadi youtuber, karena kini seluruh siswa sudah bersahabat dengan gadget. Ketimbang melarang, ia memilih memberikan materi pembelajaran melalui media sosial. 

Ia mencontohkan, saat pandemi kemarin karena tidak bisa bertatap muka, mengajar melalui youtube menjadi solusi. Jika guru bisa melatih diri menjadi konten kreator, akhirnya bisa bertujuan positif. Yakni adaptif dengan perkembangan zaman.

Salah satu guru, Muhammad Afri mengatakan, pelatihan menjadi konten kreator ini penting, agar materi pembelajaran jadi lebih menarik untuk siswa, yang saat ini sehari harinya akrab dengan penggunaan gadget.

Diharapkan melalui pelatihan ini tenaga pendidik mampu membuat konten edukasi, yang tidak hanya menjadi media pembelajaran siswa namun juga masyarakat umum.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x