Kompas TV olahraga sapa qatar

Daftar Rekor Dipecahkan Cristiano Ronaldo di Piala Dunia Qatar 2022

Jumat, 25 November 2022 | 05:31 WIB
daftar-rekor-dipecahkan-cristiano-ronaldo-di-piala-dunia-qatar-2022
Cristiano Ronaldo menyumbang satu gol saat Portugal mengalahkan Ghana dengan skor 3-2 di laga Grup H Piala Dunia 2022, Kamis (24/11/2022). (Sumber: Twitter @FIFAWorldCup)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Cristiano Ronaldo jadi pesepak bola pertama yang memecahkan sejumlah rekor Piala Dunia. Yang paling mentereng, ia satu-satunya pemain di muka bumi yang bisa mencetak lima gol beruntun dalam lima gelaran Piala Dunia terakhir. 

Tercatat, CR7 cetak gol pada gelaran Piala Dunia 2006 di Jerman, Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, Piala Dunia 2014 di Brasil, 2018 di Rusia, dan kini Piala Dunia 2022 Qatar.

Terakhir, saat duel Portugal vs Ghana yang  tuntas dengan skor 3-2. Portugal memetik kemenangan pertama di Piala Dunia 2022 berkat gol-gol Cristiano Ronaldo, Joao Felix, dan Rafael Leao. 

Bagi Cristiano Ronaldo, satu gol ke gawang Ghana tersebut cukup membuatnya mengukir rekor baru dan sulit dipecahkan pemain dunia lain. 

Baca Juga: Hasil Portugal vs Ghana: Cristiano Ronaldo Catat Rekor, Os Navegadores Tumbangkan Black Stars 3-2

Berikut ini Daftar Rekor Ronaldo

Pesepak Bola Pertama

Dilansir situs resmi FIFA, Ronaldo menjadi pesepak bola pertama di dunia yang mencetak gol dalam lima edisi Piala Dunia secara beruntun.

Belum ada pemain lain yang mampu melakukannya, bahkan seorang Lionel Messi pun masih kalah dalam hal ini oleh Ronaldo. Termasuk legenda sepak bola Pele, yang meski membawa Brazil tiga kali juara dunia, namun tidak berurutan. 

CR7 cetak gol pada gelaran Piala Dunia 2006 di Jerman, Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, Piala Dunia 2014 di Brasil, 2018 di Rusia, dan kini Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga: Air Mata Cristiano Ronaldo di Laga Portugal vs Ghana

Player of The Match Terbanyak 

Selain cetak gol, ternyata Cristiano Ronaldo dinobatkan sebagai Player of the Match alias pemain terbaik dalam sebuah laga.

Hasil itu menjadikan ia menjadi pemain dengan penghargaan pemain terbaik pertandingan  terbanyak dalam sejarah Piala Dunia. Ia koleksi 7 kali pemain terbaik pertandingan. 

Dilansir Squawka, ia kalahkan Lionel Messi dengan 6 player of the match, dan Arjen Robben dari Belanda dengan koleksi 5. 

Rekor di Portugal 

Adapun Cristiano Ronaldo memegang rekor pencetak gol termuda dan tertua Portugal di Piala Dunia mengikuti jejak Ivica Olic (Kroasia) dan Michael Laudrup (Denmark) bagi negara mereka masing-masing. 

Pemain Tertua di Piala Dunia

Cristiano Ronaldo kini dinobatkan jadi  adalah pemain tertua kedua yang mencetak gol di Piala Dunia (37 tahun, 292 hari) setelah Roger Milla (Kamerun) pada 1994 dalam usia 42 tahun dan 39 hari.

Selain itu, ia pemegang rekor menjadi pesepak bola Eropa tertua yang mencetak gol di Piala Dunia, mengungguli Gunnar Gren (Swedia) yang berusia 37 tahun, 236 hari pada Piala Dunia 1958. 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x