Kompas TV nasional politik

Ito Sumardi Tak Yakin Testimoni Ismail Bolong Soal Tambang Ilegal Misi Balas Dendam Ferdy Sambo Cs

Kompas.tv - 25 November 2022, 05:05 WIB
ito-sumardi-tak-yakin-testimoni-ismail-bolong-soal-tambang-ilegal-misi-balas-dendam-ferdy-sambo-cs
Mantan Kabareskrim Komjen Pol Ito Sumardi berpendapat pelaksanaan sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) terhadap Irjen Pol Ferdy Sambo tidak lazim karena dilakukan secara terbuka. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kemunculan testimoni Ismail Bolong soal dugaan setoran hasil tambang ilegal ke Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto dinilai sebagai misi balas dendam Ferdy Sambo Cs.

Mantan Kabareskrim Polri Komjen (Purn) Ito Sumardi meragukan penilaian itu. Menurutnya sangat jauh jika testimoni Ismail Bolong dikaitkan dengan kasus yang menyeret Ferdy Sambo Cs. 

Ito menjelaskan pernyataan Ismail Bolong soal setoran tambang ilegal diketahui terjadi pada Februari 2022 hingga akhirnya dilakukan penyelidikan hingga bulan April 2022. 

Sedangkan kasus yang menyeret Ferdy Sambo Cs terjadi pada Juni 2022. 

Baca Juga: Hendra Kurniawan soal Kabareskrim Terlibat Dana Tambang Ilegal Ismail Bolong: Faktanya Begitu

Selain itu penyelidikan soal setoran tambang ilegal lumrah dilakukan oleh Ferdy Sambo yang kala itu sebagai Kadiv Propam Polri dalam mengungkap pelanggaran anggota. 

"Kalau dikaitkan masalah balas dendam dan sebagainya terlalu jauh, kebetulan saja bersamaan dengan kasusnya Ferdy Sambo," ujar Ito di program Kompas Petang KOMPAS TV, Kamis (24/11/2022).

Lebih lanjut Ito meyakini Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo akan mendalami dugaan setoran tambang ilegal ini dengan baik.

Bahkan dari informasi yang diterima Ismail Bolong sudah diamankan dan dibawa ke Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan intensif. 

Baca Juga: Ismail Bolong Minta Maaf Usai Penyataan Soal Setoran Uang Rp6 Miliar ke Kabareskrim Bikin Gaduh!



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x