Kompas TV nasional politik

Ditunjuk Gantikan Jenderal Andika, KSAL Yudo Siapkan Diri untuk Jalani Tes Calon Panglima TNI

Kompas.tv - 24 November 2022, 19:47 WIB
ditunjuk-gantikan-jenderal-andika-ksal-yudo-siapkan-diri-untuk-jalani-tes-calon-panglima-tni
Foto arsip. Kepala Staf TNI AL atau KSAL Laksamana TNI Yudo Margono. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Staf TNI AL atau KSAL Laksamana TNI Yudo Margono tak mau berandai-andai jika dirinya yang ditunjuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menjalani fit and proper test calon panglima TNI di DPR.

Menurut KSAL Yudo, Surat Presiden Jokowi terkait pergantian Panglima TNI baru dikirimkan Rabu (23/11/2022).

Ia tidak mengetahui siapa nama yang tertulis di Supres tersebut untuk menjalani fit and proper test calon panglima TNI di DPR.

"Kita tunggu saja, masih diajukan kemarin, katanya diajukan kata Mensesneg, kita tunggu saja tahap berikutnya," ujar Yudo di Kabupaten Lebak, Banten, Kamis (24/11).

Meski dirinya tidak mengetahui siapa yang ditunjuk Presiden Jokowi untuk menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa, namun Yudo tetap mempersiapkan diri dalam menghadapi uji kelayakan dan kepatutan calon panglima TNI di DPR.

Baca Juga: Jokowi Tunjuk KSAL Yudo Margono Menjadi Calon Panglima TNI Gantikan Jenderal Andika Perkasa

Mantan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I ini juga menegaskan dirinya tidak ingin berspekulasi akan lolos dalam fit and proper test

"Saya enggak mau berandai-andai, tentunya program-program setelah fit and proper test. Setelah itu kita sampaikan ke teman-teman media," ujar Yudo.

Sebelumnya juga diberitakan KOMPAS.TV, Presiden Jokowi telah menunjuk KSAL Laksamana TNI Yudo Margono menjadi calon Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa. 

Adapun Andika Perkasa akan memasuki masa purnatugas pada 21 Desember 2024 mendatang.

Baca Juga: Analisis Pengamat Militer Jika Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Menteri Sekretaris Negara Pratikno membenarkan KSAL Yudo Margono ditunjuk menjadi calon panglima TNI dan akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan di DPR. 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x