Kompas TV regional berita daerah

Sekjen Kemenkumham : Bekerjalah Berlandaskan Perencanaan Yang Baik

Kompas.tv - 24 November 2022, 15:45 WIB
sekjen-kemenkumham-bekerjalah-berlandaskan-perencanaan-yang-baik
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham, Komjen Pol. Andap Budhi Revianto mengatakan, dalam pelaksanaan tugas dan fungsi diperlukan komitmen untuk taat pada regulasi (Sumber: Humas kemenkumham Sulsel)
Penulis : KompasTV Makassar

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Hukum dan HAM RI gelar Rapat Koordinasi Pengendalian Capaian Kinerja Tahun 2023 dan Penyusunan Targer Kinerja Tahun 2023 di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Rabu Malam (23/11). 

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham, Komjen Pol. Andap Budhi Revianto mengatakan, dalam pelaksanaan tugas dan fungsi diperlukan komitmen untuk taat pada regulasi.  "Regulasi sudah ada, tinggal bagaimana kita mematuhi hal tersebut sehingga yang kita kerjakan dapat dipertanggungjawabkan," ungkap Andap dalam arahan. 

Andap kemudian menegaskan untuk bekerja berlandaskan perencanaan yang baik. "Bekerja harusnya terarah dan jelas sehingga berjalan sesuai dengan perencanaan yang ada. Sasaran dan parameter keberhasilannya juga harus jelas," jelas Andap. 

Sekjen Andap juga menjelaskan mengenai siklus manajemen kinerja yang mencakup 3 garis besar. Pertama, agar mendesain rencana yang baik. Terimplementasi melalui adanya target, job deskripsi, tindakan dan tata kerja. 

Kemudian bekerja dengan intens untuk memantau, Monitoring dan Evaluasi serta Pengawasan dan Pengendalian dan terakhir penerapan Reward And punishment. 

Sementara itu, Inspektur Jenderal (Irjen) Razilu dalam arahannya  menganalogikan Kementerian Hukum dan HAM sebagai Kapal yang besar. 

 "Kemenkumham itu ibarat kapal yang besar, yang bergerak sepanjang tahun, dari bulan Januari sampai bulan Desember," ujar Razilu. 
 
Menurut Razilu, sebagai kapal besar yang muatan banyak, tentu banyak cobaan yang harus dilalui sepanjang perjalanan. Hal itu perlu leader yang hebat untuk melakukan pengawasan yang ketat. Di sinilah kemudian peran Inspektorat Jenderal sangat dibutuhkan. 

Irjen mengungkapkan, dalam melakukan pengawasan Itjen tidak lagi mencari kesalahan, tapi lebih berorientasi pada pendampingan dan pengendalian sebagai mitra kerja.

Dalam Rakor yang dihadiri oleh Para Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil se-Indonesia, dari Kantor Wilayah Sulawesi Selatan, dihadiri langsung oleh Kakanwil Liberti Sitinjak, Kepala Divisi Administrasi Sirajuddin, Kadiv Pemasyarakatan Suprapto dan Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Nur Ichwan dan Kadiv Keimigrasian, Jaya Saputra mengikuti kegiatan ini secara Virtual.

Dalam keterangan terpisah, Liberti Sitinjak meminta seluruh Pimpinan tinggi pratama Kanwil Sulsel untuk mendukung dan menerapkan apa yang disampaikan oleh Sekjen Kemenkumham di tahun – tahun kedepannya.


#sekjenkemenkumham
#andapbudirevianto
#kemenkumhamRI



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.